Genpi Tidore Kepulauan Terbentuk, Jadi Ujung Tombak Promosi Pariwisata

"Saya berharap Genpi Tidore Kepulauan bisa ikut berpartisipasi aktif dalam membantu pemerintah dalam mempromosikan dan mengembangkan potensi pariwisata di Tikep." Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tikep, Yakub Husain.

Advertisement
generasi pesona indoneisa genpi tidore kepulauan terbentuk
Dinas Kebudayan dan Pariwisata Tidore Kepulauan (Tikep) membentuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Tidore Kepulauan, Senin (09/08/2010). Dipercaya sebagai Ketua adalah Riri Aisyah Do Taher). (Foto: dok. Genpi Maluku Utara)

Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan (Tikep) membentuk komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI), Senin (09/08/2021). Pembentukan GenPI Tikep ini berbarengan dengan kegiatan pelatihan “Peningkatan SDM Periwisata dan Ekraf Tingkat Dasar Menuju Tidore Jang Fololi”.

Peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan berjumlah 59 orang yang berasal dari perwakilan komunitas di Kota Tidore Kepulauan.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan dan pembentukan GenPI Tikep ini antara lain; anggota DPRD Kota Tidore Kepulaun, Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Tikep dan Ketua Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Maluku Utara (Malut).

Baca juga:
* 5 Alasan Berkunjung ke Pulau Tidore di Maluku Utara

Dipercaya sebagai Ketua GenPI Kota Tidore Kepulauan adalah Riri Aisyah Do Taher. Mantan Puteri Pariwisata Indonesia Malut yang saat ini juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan.

Alasan Riri dipilih sebagai ketua umum GenPi Tidore adalah karena Riri mewakili kaum melenial Tidore. Juga sebagai anak muda yang sering menyuarakan tentang pariwisata. Jauh sebelum dirinya menjadi anggota dewan.

Kebijakan pemerintah kota Tikep, menurut Riri, sudah fokus dalam pengembangan wisata di Kota Tidore Kepulauan.

Riri pun berharap setelah kegiatan ini, semoga secepatnya bisa terbentuk kepengurusan Genpi Tidore.
“GenPI Tidore nantinya bisa menjadi ujung tombak dalam mempromosikan potensi Pariwisata dan Budaya di Tidore. Sekaligus membantu pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk menyukseskan kegiatan “Sail Tidore” yang akan berlangsung tahun depan.” Ujarnya.

Ketua GenPI Maluku Utara, Sofyan Ansar, sangat menyambut baik semangat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Tikep.

“Ini luar biasa dan saya sangat mengapresiasi niat baik dan semanagat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Tikep atas inisiatifnya untuk membentuk Genpi Tidore”. Kata Sofyan, yang akrab disapa Opan Jacky ini.

Sofyan juga menjelaskan tentang apa itu GenPi dan apa saja aktivitas Genpi, baik secara online dan offline.

“Genpi itu adalah Generasi Paling Ihklas. Ihklas dalam mempromosikan pariwisata tanpa embel-embel apa pun. Dan Genpi juga siap berkolaborasi dan bersinergi dengan siapa saja dengan penuh semangat, ihklas dan tanpa syarat.” Opan menjelaskan sambil berseloroh.

Opan pun menyadari, Genpi Malut dibawah komandonya belum banyak berbuat untuk Maluku Utara.

“Namun kami tetap optimis dan selalu bergerak membantu pemerintah untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Maluku Utara dan Indonesia khususnya” Opan menegaskan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tikep, Yakub Husain, mengingatkan, Brand Tidore saat ini adalah “Tidore Jang Foloi”.

Yakub Husain berharap setelah kegiatan ini, peserta yang ikut dalam pelatihan ini juga bisa ikut membantu mempromosikan potensi pariwisata dan branding Tidore dengan memanfaatkan media sosial.

“Terdapat 167 titik obyek dan daya tarik wisata yang ada di Kota Tidore Kepulauan. Semuanya belum terkelola dengan maksimal.” Kata Yakub.

“Saya berharap anak muda Tidore bisa ikut berpartisipasi aktif dalam membantu pemerintah dalam mempromosikan dan mengembangkan potensi pariwisata di Tikep.” Imbuh Yakub Husain.

Tujuan dari kegiatan ini, Yakub menambahkan, adalah untuk mempromosikan potensi pariwisata di Kota Tidore. Serta meningkatkan SDM masyarakat pengelola wisata dibidang promosi. Juga membentuk kelompok Generasi Pariwisata Indonesia (GENPI) Tidore.

Baca juga:
* Berkunjung ke Air Terjun Sigela di Tidore Kepulauan

“Selamat untuk Generasi Pesona Indonesia Kota Tidore yang telah terbentuk. Selamat untuk Ketua GenPI Tidore yang terpilih.” Tutup Yakub Husain.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here