GenPI Luncurkan Gerakan ‘Indonesia Negeri 1000 Festival’

Advertisement
GenPI Luncurkan Gerakan Indonesia Negeri 1000 Festival
Peluncuran gerakan “Indonesia Negeri 1000 Festival” dilangsungkan berbarengan dengan puncak acara Festival Teluk Jailolo 2021 di Halmahera Barat, Maluku Utara, Sabtu (12/06/2021). (Foto: ist)

Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) secara resmi meluncurkan program ‘Indonesia Negeri 1000 Festival’, pada Sabtu (12/06/2021). Peluncuran program tersebut dilaksanakan bersamaan dengan gelaran puncak Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2021 di Halmahera Barat Maluku Utara.

‘Indonesia Negeri 1000 Festival’ adalah program terbaru dari GenPI Nasional. Hadir untuk merekam berbagai momen istimewa berbagai festival di Indonesia.

Baca juga:
* 3 Strategi Menparekraf Reaktivasi Sektor Pariwisata Bali

Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekononomi Kreatif Bidang Inovasi dan Kreativitas Joshua Puji Mulia Simanjuntak sangat menyambut baik program tersebut.

“Selamat kepada Genpi Nasional dan tentunya kepada inisiator gerakan ‘Indonesia Negeri 1000 Festival’, mas Heru Prasetya atau yang lebih dikenal sebagai Heru Mataya,” Ucap Joshua dalam sambutannya di puncak acara FTJ 2021 di Jailolo, Sabtu (12/06).

“Festival Teluk Jailolo dipilih menjadi momen peluncuran gerakan ini agar Festival Teluk Jailolo dapat menjadi inspirasi bagi tumbuhnya festival-festival yang berkualitas. Berakar kepada budaya nusantara yang dikemas dan dilaksanakan dengan standar global.” Kata Joshua.

Joshua menekankan akan pentingnya memahami sebuah festival itu bukanlah sekadar seremoni. Tetapi merupakan selebrasi kehidupan serta bisa memberikan dampak ekonomi yang berkelanjutan.

“Besar harapan kami festival-festival yang terinisiasi dari gerakan #IndonesiaNegeri1000Festival ini akan menjadi benchmark festival unggulan di Indonesia. Serta menjadi acuan festival yang aman dan menjalankan protokol kesehatan yang tepat.” Harapnya.

“Terus Semangat membangun Festival di Indonesia. Jadikan Indonesia sebagai negara festival yang berkualitas dan menjadi ikon dunia.” Pungkasnya.

Pembina GenPI Nasional, sekaligus founder Mataya Arts And Heritage, Heru Prasetya menambahkan ada banyak festival yang diselenggarakan di Indonesia.

“Festival-festival tersebut menampilkan kekayaan seni-budaya Indonesia. Yang sekaligus menjadi daya pikat pariwisata Indonesia,” Ujar pria yang akrab disapa Heru Mataya.

Heru berharap gerakan ini bisa menjadi wadah informasi keragaman festival di Indonesia.

“Dengan gerakan ‘Indonesia Negeri 1000 Festival’ ini kami berharap bisa lebih memperkuat kebersamaan kita semua dalam menjaga dan melestarikan akar budaya Nusantara,” Heru berpesan singkat.

Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia Siti Chotijah menambahkan, gerakan ini tidak hanya merekam berbagai informasi kegiatan festival.

“Kami akan mencoba untuk memberikan informasi berbagai festival di Indonesia dalam bentuk narasi.”

“Merekam segala informasi festival, seperti jadwal, lokasi, narahubung, waktu pelaksanaan, dan lainnya,” Papar perempuan yang biasa disapa Mbak Jhe ini.

“Tidak hanya itu, nantinya kanal ini diharapkan juga menjadi all-in media. Menyuguhkan beragam informasi amenitas, aksesibilitas dan atraksi di sekitar lokasi festival,” Mbak Jhe menjabarkan.

Jhe menegaskan bahwa gerakan #IndonesiaNegeri1000Festival ini adalah milik bersama. Semua pihak bisa berkontribusi melengkapi program ini.

Baca juga:
* Nemuin Komunitas, Sandiaga Uno: “Gercep, Geber, Gaspol Bersama Genpi”

“Kami justru mengharapkan semua pihak bisa membantu Indonesia Negeri 1000 Festival. Bisa dengan cara mengirim informasi, memberi saran, atau membantu menyebarkan keberadaan gerakan ini,” tambahnya.

“Bersama-sama kita membantu menghubungkan masyarakat Indonesia dengan berbagai festival yang diselenggarakan di Indonesia. Bersama-sama merayakan festival, bersama-sama mencintai Indonesia,” Tuturnya.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here