Genpi Halmahera Barat Rayakan Ulang Tahun Pertama

Ulang Tahun Genpi Halmahera Barat
Ulang Tahun Genpi Halmahera Barat, dihadiri oleh Bupati Halbar Danny Missy, Sultan Jailolo Achmad Sjah. (Foto: dok. Genpi HalBar)

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Halmahera Barat (Halbar) merayakan ulang tahunnya yang pertama pada senin (25/11) kemarin. Perayaan dilangsungkan di lokasi Pasar FTJ.

Dimeriahkan oleh Rio Basier Idol bersama dengan GenPI Accoustic, perayaan ini dihadiri oleh Bupati Halbar Danny Missy, Sultan Jailolo Achmad Sjah dan permaisuri. Juga unsur Forkopimda, OPD, Tokoh Budayawan Halbar Sony Balatjai, Mahasiswa Elektro Unkhair, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Halbar, ketua GenPI Maluku Utara Opan Jacky, Ketua GenPI Halbar M Rahmat Abd Karim, serta beberapa komunitas yang ada di halbar.

Baca juga:
* Pesona Pantai Fatkauyon di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Ketua GenPI Halbar M Rahmat Abd Karim dalam sambutannya mengatakan, komunitas GenPI dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia. Genpi merupakan pengejawantahan dari program promosi go digital yang tengah gencar dilakukan oleh kemenpar saat itu, sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata indonesia.

“GenPI sudah ada di 34 provinsi di indonesia, salah satunya di Halmahera Barat. Dan kami selalu saling membantu promosi antardaerah. Dengan kekuatan saling promosi lewat GenPI inilah secara tidak langsung pariwisata di setiap daerah akan semakin dikenal oleh seluruh masyarakat di Indonesia.” Ujar Rahmat.

“Maka dari itu pariwisata yang ada di Halmahera Barat juga sudah dikenal oleh lapisan masyarakat di Indonesia melalui komunitas GenPI ini,” Tegasnya.

Dalam perayaan ulang tahun ini, selain penampilan Rioa Basier Idol, juga ada penampilan dari Banau Dance, Saloi Dance, tarian-tarian Dari SMP Negeri 2 Halbar. Juga tak kalah menarik adalah Talkshow Generasi Milineal Go Digital.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Danny dalam sambutannya menyampaikan, Destinasi digital Pasar Teluk yang digagas anak-anak GenPI setahun lalu ini telah menjadi magnet yang menarik minat wisatawan. Terlebih wisatawan milenial untuk datang ke halbar.

“Potensi wisata digital di Halbar sangat menarik, sebab memiliki keunikan budaya, kehidupan masyarakat yang dinamis, serta mempunyai panorama alam dengan lanskap pemandangan yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi parawisatawan.” Jelas Bupati Danny.

“Saya berpesan agar GenPI Halbar bisa menjadi panutan untuk komunitas penggiat pariwisata lainnya. Disamping itu GenPI diharapkan menjadi kunci pengembangan budaya dan pariwisata di tahun 2020,” ucapnya.

Danny Missy berharap, semua pihak terkait bisa tetap berkolaborasi, berelaborasi serta berkontrubusi untuk Halbar dalam mengembangkan budaya, adat istiadat serta pariwisata.

“Saya berharap melalu GenPI, destinasi pariwisata Halbar bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia maupun internasional. Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-1. Mudah-mudahan GenPI dan Destinasi Digital Pasar Teluk bisa tambah sukses dan maju di era 4.0 ini,” harapnya.

Baca juga:
* Ayo Berpetualang ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata

“Kami pemerintah daerah akan terus mensupport kegiatan GenPI dan komunitas-komunitas lainnya dalam rangka pemberdayaan dan kemajuan dan selalu berkarya di seluruh kabupaten halbar yang kita cintai ini,” Pungkas Danny Missy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here