Fotografer Ranah Minang ‘Serbu’ Pasar Van Der Capellen

Pasar Van Der Capellen Diserbu Fotografer Ranah Minang
Fotografer Ranah Minang berfoto bersama di gelaran Pasar Van Der Capellen, Minggu (29/09/2019) pagi. (Foto: ist)

Seratusan Fotografer Ranah Minang (FRM) meramaikan Pasar Van Der Capellen, Batusangkar, Minggu (29/09/2019) pagi. Selain dalam rangka silaturahmi antaranggota, juga turut merayakan HUT pertama destinasi digital yang didirikan Genpi Tanah Datar tersebut.

Para fotografer yang terhimpun dalam wadah Fotografer Ranah Minang (FRM) datang dari berbagai penjuru daerah Sumatera Barat (Sumbar). Mulai dari Padang, Pessel, Solok, Bukittinggi, Payakumbuh, bahkan ada yang sengaja datang dari Jakarta.

Baca juga:
* Pesona Kain Songket Silungkang Sumatera Barat di SISSCa 2019

Seorang fotografer asal Bukittinggi, Erison J Kambari, yang menginisiasi kegiatan ini mengatakan, biasanya anggota FRM bersilaturrahmi dan berdiskusi hanya di grup Whatsapp saja.

“Namun saat kami mendengar Pasar Van Der Capellen akan merayakan HUT Pertama, muncul ide untuk memanfaatkan momen ini. Sekaligus menjadi ajang silaturrahmi para forografer yang terhimpun dalam FRM. Alhamdulillah respon kawan-kawan sangat baik,” ungkapnya.

Nanda, seorang fotografer yang turut hadir mengatakan, dirinya sudah lama tertarik menyambangi Pasar Van Der Capellen. Karena ada banyak sekali obyek menarik yang bisa difoto.

“Konsep pasar tradisionalnya kuat, makanannya semuanya tradisional, pedagang berpakaian tradisional, hiburannya silat, tari daerah. Dan payung-payung ini membuat nuansa tempo dulunya semakin kuat,” ujar fotografer asal Padang ini.

Silaturrahmi FRM ini, walau sempat dilanda hujan, berlangsung dengan penuh kehangatan.

Usai jepret-jepret, para fotografer disambut Asisten II Pemkab Tanah Datar dan Kadis Parpora Kabupaten Tanah Datar. Dalam kesempatan tersebut, para fotografer berkesempatan menyampaikan masukan terkait pariwisata Tanah Datar.

Pasar Van Der Capellen Diserbu Fotografer Ranah Minang - 5
(Foto: ist)

Juragan Pasar Van Der Capellen Ade Firman mengatakan, untuk memanjakan lensa para fotografer, Pengurus Pasar mengadakan berbagai kegiatan menarik di HUT pertama ini.

“Diantaranya karnaval pakaian dari Marapi Art Fashion, Rafai Geleng dari Ponpes Jabbal Rahmah Tanah Datar, penampilan Silat Kumangi, serta tari dari Sanggar Pucuak Janiah,” Ade Firman menjelaskan.

Selama setahun perjalanan pasar, menurut Ade yang juga seniman mural Sumbar ini, Pasar Digital besutan Genpi Batusangkar ini bisa mengklaim sebagai destinasi digital yang sukses bertahan dan terus berkembang.

“Kuncinya ada di kekuatan volunteer dan dukungan dari Pemkab Tanah Datar,” ujar pria yang sehari-hari bertugas di Gedung Promosi Kabupaten Tanah Datar ini.

Baca juga:
* Pasa Harau Art and Culture 2019, Angkat Alam, Budaya, dan Pengusaha Lokal

Ketua Genpi Tanah Datar sekaligus penanggungjawab dan inisiator Pasar Van Der Capellen Hijrah Adi Sukrial mengatakan, mencapai HUT 1 tahun merupakan prestasi bagi semua pihak yang membangun dan membesarkan pasar yang didirikan di halaman Benteng Van Der Capellen ini.

“Saya yakin, kunci kesuksesan Pasar Van Der Capellen adalah kolaborasi. Terus pertahankan kolaborasi ABCGM, yaitu Akademisi, Bisnisman, Communitas, Goverment, dan Media. Tidak ada yang bisa besar tanpa kolaborasi,” tutupnya.

Kontributor: Hijrah AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here