Film ‘Namaku Budaya’ Ajak Milenial Lestarikan Budaya Aceh

Film Namaku Budaya
Salah satu cuplikan film Namaku Budaya. Film ini menceritakan seorang pemuda bernama Budaya (Mahfudz) dan keluarganya yang mencintai budaya Aceh.

Namaku Budaya – Saat ini hari-hari kita sudah terpapar oleh budaya asing, baik melalui media sosial, media online, dan juga televisi. Termasuk budaya-budaya yang tergambar dalam film-film hollywood, korea, bollywood, dan lainnya. Bagaimana dengan film budaya nusantara? Bagaimana dengan film budaya Aceh?

Di tengah maraknya budaya-budaya tersebut, Provinsi Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, memrakarsai sebuah film yang mengangkat budaya Aceh. Berjudul ‘Namaku Budaya’, film ini ditulis oleh Salman Varisi.

Baca juga:
* Taman Putroe Phang, Simbol Cinta Sultan Iskandar Muda dan Putri Kamaliah

Dalam sebuah wawancara dengan MetroTV Aceh, Salman menjelaskan bahwa nilai-nilai budaya Aceh yang sangat kaya dimunculkan dalam film tersebut.

“Nilai-nilai ini bagaimana kita tuangkan dalam film, kemudian film ini juga bisa menjadi referensi untuk generasi milenial. Sehingga melalui film ini mereka bisa mengetahui nilainya.” Tutur Salman.

Sosok Budaya (Mahfudz) menjadi peran utama dalam film yang berdurasi 27 menit 18 detik tersebut. Selain itu juga ada Pak Saad (Teuku Indra Djohan), Ummi Halimah (Delia Rawanita), Dara (Afla Nadya), Saila (Debby Rayhannisa), Banta (Ponjria) dan masih banyak lainnya akan melengkapi kisah lengkap film ini.

Video teaser:

Pemutaran film “Namaku Budaya” sendiri akan turut serta meramaikan Estafet Budaya Aceh 2019. Sebuah gelaran yang diharapkan dapat merangsang generasi muda, khususnya milenial, untuk ikut serta menjaga dan melestarikan warisan budaya Aceh yang sangat beragam.

Baca juga:
* Selebgram Cantik dari Turki Ini Kagumi Keindahan Alam Aceh

Selain pemutaran film pendek “Namaku Budaya” juga ada lomba film pendek, lomba foto, lomba penulisan blog, roadshow budaya ke sekolah dan kampus, serta penganugerahan budaya.

Dalam cuitannya di twitter, akun @Aceh_isbudpar mengatakan, Kegiatan Estafet Budaya Aceh 2019 merupakan bagian dari program penyebarluasan nilai budaya Aceh tahun 2019. Yang berlangsung dari 12 September s.d Malam Apresiasi Budaya pada 26 Oktober nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here