Festival Pemuda Kreatif, Gubernur Bengkulu Ingatkan Peran Milenials

Generasi milenial mempunyai peranan penting menghadapi era revolusi industri 4.0 yang sudah di depan mata. Demikian diucapkan Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin saat menghadiri Festival Pemuda Kreatif 2019, Minggu (01/09/2019).

“Revolusi Industri 4.0 tak hanya mengubah dunia industri, akan tetapi mengubah peradaban. Mulai dari gaya hidup, cara berkomunikasi, hingga bentuk pasar dalam transaksi, belanja bahkan pembayaran.” Gubernur Rohidin Memaparkan.

“Anak-anak muda kita ini adalah generasi yang harus bersiap dan harus dipersiapkan menghadapi peluang revolusi industri 4.0,” Lanjutnya.

Baca juga:
* Menikmati Kopi Bengkulu di Festival Bumi Rafflesia 2019

Festival Pemuda Kreatif Bengkulu 2019
Gubernur Bengkulu saat menghadiri Festival Pemuda Kreatif Bengkulu, Minggu (01/09/ 2019). (Foto: ist)

Dalam Festival Pemuda Kreatif 2019 yang mengangkat tema ‘Besurek dalam balutan teknologi’, Gubernur Rohidin juga mengungkapkan adanya peluang besar bagi generasi milenial yakni Data Scientist.

Diterangkannya, Data Scientist merupakan keahlian atau profesi di dunia digital yang berada dalam bidang interdisipliner dan fokus kepada teknologi informasi.

“Menjadi seorang Data Scientist itu mempunyai kemampuan mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data kemudian hasil informasinya bisa digunakan dalam pengambilan keputusan. Lalu apakah ini merupakan jurusan kuliah tertentu atau background disiplin ilmu tersendiri?, bukan. Berbagai disiplin ilmu dan kemampuan bisa terangkum dan dibutuhkan,” ujar Rohidin yang berinteraksi melalui quiznya.

Dalam kesempatan itu, Rohidin memberikan motivasi kepada kaum muda Bengkulu untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Katanya, kesempatan belajar, kesempatan membangun jaringan dan berkumpul pada komunitas yang tepat akan memberikan dampak positif bagi masa depan.

Bukan hanya kepada para pemuda Bengkulu, gubernur juga mengingatkan kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk responsive dan dapat memberikan empowering kepada pemuda dan UKM pemula. OPD juga diharapkan lebih bisa beradaptasi dengan kecepatan informasi dan berkembangnya teknologi.

“Kita lihat sendiri, anak-anak Bengkulu sudah bisa membuat film, bisa membuat mengembangkan software, bisa menjalankan bisnis online dan berbagai kreatifitas lain. Saya kira ini potensi besar dari putra-putri Bengkulu yang harus bisa kita perhatikan dan kita dukung,” demikian tutup Rohidin.

Rohidin juga mengapresiasi inovasi karya-karya pemuda Bengkulu yang dipamerkan pada stand Festival Pemuda Kreatif di Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu, Minggu (01/09/2019) hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here