Yuhu! Bakal Ada Festival Pasar Wedana di Akhir Oktober 2019

Pasar Wedana - Genpi Lampung Timur - Yopie Pangkey
Suasana Pasar Wedana. (Foto: Yopie Pangkey)

Pasar Wedana di Sukadana Lampung Timur akan mengadakan acara Festival Pasar Wedana dengan tema ‘Semalam di Ranah Minang’, pada hari Rabu 30 Oktober 2019. Mulai jam. 15.00 WIB sampai selesai.

Event spesial Festival Pasar Wedana ini menjadi salah satu rangkaian dalam 101 festival Kalender Wisata 2019 Kabupaten Lampung Timur.

Acara Festival Pasar Wedana yang dikemas dalam acara Semalam Diranah Minang ini adalah sebuah acara budaya yang mengangkat kebudayaan Ranah Minang Sumatera Barat.

Baca juga:
* Asyik! Ada Pojok Organik dan Gerobak Pustaka di Pasar Payungi

Tidak berjalan sendiri, para punggawa Pasar Wedana dan Generasi Pesona (GenPI) Lampung Timur pun turut mengajak komunitas lain untuk menyukseskan acara.

Komunitas yang ikut serta antara lain; Keluarga Besar Sumatera Barat -Lampung Timur (KBSB – Lampung Timur), Ikatan Mahasiswa Minang-Lampung (IMAMI Lampung), Ikatan Keluarga Minangkabau Institut Teknologi Sumatera (IKM-ITERA), dan Ikatan Rang Mudo Minang Kota Metro (IKRAMM Metro).

Beberapa kesenian yang akan ditampilkan diantaranya Tari Piring (oleh IMAMI Lampung), Tari Pasambahan (IMAMI Lampung), Tari Rantak Kudo (IMAMI Lampung), Silek (IKRAMM Metro), Randai (IKM-ITERA), Tari Kreasi Rueh jo Miang (IKM-ITERA), Kreasi Hoyak Tambua (IKM-ITERA).

Juga ada Lomba Tambur tingkat Kabupaten Lampung Timur yang diselenggarakan oleh KBSB-Lampung Timur.

Tidak sampai disitu saja, ragam kuliner yang disajikan pun akan menyesuaikan tema ‘Semalam di Ranah Minang.

Pasar Wedana akan memanjakan pengunjung dengan berbagai kuliner Ranah Minang, seperti Teh Talua di booth Teh Talu Ingek Kampuang, Sala Lauak di booth Kadai Urang Awak, Karipik balado di Kadai Urang Awak.

Juga ada makanan berat seperti Soto Padang, Sate Padang, Lontong Padang di booth KBSB Lampung Timur.

Ketua Pasar Wedana Asril Milyon menjelaskan, acara Festival Pasar Wedana yang mengambil tema Semalam Diranah Minang ini merupakan salah satu wujud kreativitas pemuda dan masyarakat Desa Pasar Sukadana.

“Kita juga bermaksud membantu Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam memasyarakatkan, menumbuhkembangkan, sekaligus melestarikan khasanah seni dan budaya tradisi daerah.” Ujar Asril.

Dijelaskan Asril, Desa Pasar Sukadana ini merupakan miniaturnya Indonesia. Desa Pasar Sukadana ini dihuni oleh hampir seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia.

“Harapannya dari gelaran ini adalah, walaupun hidup di era globalisasi dan digitalisasi serta ketergantungan dengan gadget, kita harus tetap punya akar budaya dan memiliki kearifan budaya.” Harapnya.

“Ayo datang ke Festival Pasar Wedana 30 Oktober 2019 di bekas Pasar Inpres Sukadana. Rasakan suasana Minang di Lampung Timur. Ada spot foto dengan nuansa Minang, kuliner dan live musik, serta pertunjukan budaya Ranah Minang.” Ajak Asril.

Lokasinya bisa kamu lihat di Google Map: Pasar Wedana Sukadana

Ketua Harian GenPI Nasional Siti Chotijah pun menyambut gembira melihat kreativitas yang ditunjukkan oleh Pasar Wedana.

“Destinasi digital yang diinisiasi oleh GenPI Lampung Timur dan didukung oleh GenPI Lampung ini terlihat begitu semangat dan antusias mengangkat potensi daerahnya,” Puji Siti Chotijah.

Baca juga:
* GenPI Tanggamus: Ayo Liburan Seru ke 10 Tempat Wisata Ini!

“Yang saya ingat, Pasar Wedana ini launching pada 27 Oktober 2018. Menjadi semacam letupan kreativitas yang muncul dari kesadaran kolektif masyarakat, khususnya warga Desa Pasar Sukadana.” Ujar wanita yang akrab disapa Mbak Jhe ini.

“Pasar Wedana sudah menjadi sebuah ruang publik yang asyik bagi warga Sukadana Lampung Timur. Terus berinovasi dan terus adakan event yang menarik. Sehingga terus memunculkan kesan positif pada kabupaten yang terkenal dengan gajahnya ini,” Imbau Mbak Jhe.

Kontributor: Asril Milyon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here