Festival Bendera Digelar 1 Desember 2019 di Rumah Atsiri Indonesia

Mataya Arts & Heritage kembali menggelar Festival Bendera di Rumah Atsiri indonesia, Karanganyar, Jawa Tengah. Bertema Cerita Bendera tentang Bendera, festival diadakan tanggal 1 Desember 2019. Kelanjutan dari Festival Bendera yang diadakan pada tahun 2017 lalu di Tukdiro, Karanganyar.

Festival Bendera tahun 2019 ini akan menampilkan pameran bendera, publik menggambar bendera, dan seni pertunjukan. Festival ini menjadi proses edukasi nilai-nilai interkultural atau multikultural bagi masyarakat.

Baca juga:
* Bus Joglosemar: Rute, Harga Tiket, Jadwal dan Paket Kilat

Heru Prasetya, yang akrab disapa Heru Mataya, dari Mataya Arts & heritage mengatakan, suatu bendera bukan hanya sekedar kain, warna, atau tinta.

“Lebih dari itu bendera secara universal adalah makna identitas, kebebasan, kebanggaan, kebesaran dan peristiwa sejarah dari suatu bangsa, masyarakat, atau komunitas.” Ucap Heru.

Festival Bendera 2019 - Mataya Arts & Heritage

Bendera juga merupakan suatu batas yang membedakan dari bangsa dengan bangsa lainnya. Hampir kerajaan-kerajaan di dunia maupun di nusantara memiliki bendera.

“Mulai kerajaan Kediri, Singasari, Majapahit dan kerajaan-kerajaan nusantara lainnya, hingga kerajaan kerajaan di Eropa, Asia, dan Timur Tengah – sebelum munculnya konsep nation (bangsa) dengan ideologi demokrasinya atau ideologi lainnya.” Paparnya.

Memang bendera, Heru menambahkan, juga simbol pemersatu atau perekat suatu bangsa, dari puncak perjalanan politik dan kulturalnya. Menghasilkan makna-makna historis pada desain visual bendera.

Baca juga:
* Kreasi Payung Tradisional Nusantara Dirangkai di Prambanan

Festival Bendera 2019 persembahan Mataya Arts & heritage ini, didukung oleh; Rumah Atsiri Indonesia, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karanganyar, serta Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here