Festival Bandung Lautan Api Pengingat Warga Masa Kini

Sumber Foto: Istimewa

Bandung merupakan sebuah kota di Jawa Barat memiliki banyak keunikan dan orang-orang kreatif didalamnya. Hampir setiap tahun akan selalu ada wisata kreatif seperti event musik maupun festival-festival besar yang masuk pada Calender of Event. Bahkan setiap minggunanya anak-anak muda kreatif Bandung selalu mengadakan event-event yang menarik wisatawan. Event di Kota Bandung biasanya diadakan menjelang hari-hari yang sangat penting bagi Kota Bandung, selain untuk menghibur warga Kota Bandung, hal tersebut dapat juga dijadikan sebagai ikon baru Kota Bandung untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu acaranya adalah Festival Bandung Lautan Api.

Festival Bandung Lautan Api merupakan sebuah festival yang diadakan untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada jaman penjajahan. Saat itu, pada tanggal 23 Maret 1946 malam hari terjadi kebakaran besar di Kota Bandung yang disebabkan oleh sekitar 200 ribu orang warga Bandung mengosongkan rumah-rumah mereka lalu membakarnya dengan tujuan untuk mencegah tentara sekutu dan Nederlands Indie Civil Administration (NICA) menempati kota Bandung yang nantinya akan digunakan sebagai markas pasukan dan basis pertahanan militernya. Setelah membakar rumahnya, warga Kota Bandung kemudian bersama-sama menuju pegunungan untuk mengungsi. Kejadian yang membumi hangusakan Kota Bandung tersebut berlangsung selama tujuh jam dan peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api. Bandung Lautan Api menjadi salah satu peristiwa yang paling heroik dalam sejarah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia sehingga diabadikan dalam berbagai bentuk karya seni, seperti lagu yang berjudul Halo-Halo Bandung, dan film yang berjudul Bandung Lautan Api.

Sebagai bentuk penghormatan warga Bandung kepada para pahlawan dan juga warga Bandung pada saat itu, maka diadakanlah Festival Bandung Lautan Api setiap tahunnya yaitu setiap tanggal 23 Maret. Dalam acaranya, warga akan mengenang sejarah kelam Kota Bandung yang dikemas dengan sebuah festival yang meriah, seperti seni Teatrikal peristiwa Bandung Lautan Api yang membuat penonton ikut merasakan kesedihan dan suasana yang mencekam pada waktu itu, Bedah Buku, dan juga pawai obor sebagai puncak acara tersebut digunakan sebagai simbol dan untuk mengenang pembumi hangusan sekitar 200 ribu rumah warga Bandung. Selain itu, masih banyak rangkaian acara yang ikut serta memeriahkan Festival Bandung Lautan Api, seperti menerbangkan lampion, napak tilas, dan beragam lomba yang menarik.

Rangkaian acara tersebut diadakan tidak hanya untuk menghibur warga Kota Bandung saja, namun pada sisi lain digunakan untuk mengedukasi warga Bandung saat ini bahwa warga Kota Bandung pada tahun 1946 rela menyerahkan seluruh harta dan nyawanya demi menjaga keutuhan Negara Indonesia dan juga demi anak cucunya dikemudian hari nanti. Oleh karena itu sudah sepantasnya sebagai warga negara dan generasi saat ini harus menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan dengan mengisi peringatan Bandung Lautan Api dengan kegiatan-kegiatan yang positif seperti adanya acara Festival Bandung Lautan Api dan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.

Ditulis Oleh :Miftahudin Mulfi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kelompok 10 Internship Generasi Pesona Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here