Fakta Unik Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Saat ini Bandara sudah tersedia di berbagai wilayah di Indonesia, dari bandara berskala kecil, besar, serta yang bertaraf Internasional. Hal tersebut terjadi tentunya dikarenakan banyaknya jumlah pengunjung di tanah air yang menggunakan moda transportasi udara.

Bandara I Gusti Ngurah Rai atau yang biasa disebut dengan Bandara Ngurah Rai ini merupakan pintu masuk utama jika kamu berkunjung ke Bali menggunakan pesawat terbang. Bandara Ngurah Rai ini adalah salah satu wujud bandara modern yang ada di Indonesia. Adanya nilai historis dan budaya yang tinggi menjadikan keunikan tersendiri yang membuat bandara ini menjadi tempat yang bernilai tinggi. Selain terkenal dengan nilai historis dan budaya yang tinggi, Bandara Ngurah Rai ini memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk kamu ketahui. Yuk disimak!

Landasan Pacu Berbatasan Dengan Laut

Ketika kamu sampai di Bandara Ngurah Rai, Bali. Kamu dapat melihat secara langsung panorama laut yang indah dari atas awan. Letaknya yang tidak jauh dari Pantai Kuta ini menjadikan keunikan tersendiri dengan letak landasan pacunya yang berbatasan langsung dengan laut.

Bandara Tersibuk Ke 3 di Indonesia

Sudah menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Bali menjadi tempat wisata favorit banyak wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri. Dilansir dari befreetour.com, bahwa Bali pada setiap tahunnya menyambut ratusan hingga jutaan wisatawan. Sehingga dalam hal ini Bali dinobatkan sebagai bandara tersibuk ke 3 di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, dan Bandara Juanda di Surabaya.

Mempunyai Hari Libur Khusus

Fakta unik lainnya yang dapat kamu temui di Bandara Ngurah Rai ini, adanya hari libur khusus tersendiri. Tentu hal ini berbeda dengan bandara-bandara lainnya yang ada di Indonesia. Pada saat hari Raya Nyepi, aktifitas-aktifitas yang biasa dilakukan di Pulau Bali ini akan dihentikan sementara waktu, termasuk pelayanan yang ada di Bandara Ngurah Rai ini. Pada hari khusus tersebut kamu tidak akan menemukan pesawat ataupun penumpang yang berada di bandara. Hal ini dilakukan pada saat hari Raya Nyepi, dikarenakan untuk menghormati umat Hindu agar dapat mencapai ketenangan dan kenyamanan dalam beribadah.

Mampu Mendaratkan Pesawat Raksasa

Adanya jumlah penumpang yang terus meningkat pada setiap tahunnya ini membuat banyak maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali. Tingginya jumlah pesawat yang menggunakan landasan pacu ini membuat Angkasa Pura membangun landasan pacu secara totalitas. Runwaynya ini memiliki lebar sekitar 45 M, panjang 3 KM, serta dengan konstruksi beton dan aspal yang dikeraskan. Sehingga dengan kapasitas ini Bandara Ngurah Rai sanggup mendaratkan dan menerbangkan pesawat raksasa seperti Airbus A380 double deck.

Kentalnya Budaya di Setiap Bagian Arsitekturnya

Saat berkunjung ke Bali kamu akan disuguhkan dengan ragam gaya arsitektur yang sangat menawan dan kental dengan budayanya. Ketika kamu sampai di Bali kamu akan disambut dengan arsitektur berupa relief-relief ukiran Bali yang menawan dan lantunan suara gamelan yang menenangkan khas Bali. Selain itu, kamu juga jangan sampai melewatkan berkunjung ke tempat gapura khas Bali atau yang biasa disebut Candi Bentar. Karena tempat tersebut merupakan salah satu spot foto terfavorit yang ada di Bandara Ngurah Rai.

Itulah beberapa Fakta Unik di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Penasaran ingin segera menyaksikan dan merasakan keunikannya langsung? Yuk mengukir kenangan dengan berkunjung liburan ke Pulau Dewata!

Sumber:
https://www.befreetour.com/id/read/kumpulan-fakta-unik-tentang-bandara-ngurah-rai
https://kumparan.com/kumparantravel/intip-fakta-unik-bandara-i-gusti-ngurah-rai-yang-kental-budaya-lokal-1553214111117840965/full
https://phinemo.com/fakta-unik-bandara-ngurah-rai/

Artikel ini ditulis oleh Nur Azizah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Prodi Ekonomi Syariah, pada program magang Genpinas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here