Fakta Menarik KEK Mandalika, Definisi Kemegahan Indonesia

Mandalika menjadi destinasi wisata yang paling dinantikan oleh para wisatawan nasional maupun mancanegara. Dikonfirmasi menjadi tuan rumah MotoGP 2021, membuat nama Mandalika selalu menjadi sorotan eksistensi pariwisata Indonesia. Terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Mandalika diresmikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 lalu. Wisata bahari, hamparan bukit-bukit kecil, serta nuansa alam nya yang indah, membuat pemerintah meyakini Mandalika memiliki potensial di sektor pariwisata. Sebelum menyaksikan Marc Marquez dkk bertanding secara langsung, yuk intip apa saja sih fakta menarik dari destinasi wisata yang menjadi super prioritas ini.

  1. Berawal dari Putri Cantik Mandalika

Nama Mandalika sendiri berasal dari sosok putri cantik yang ada dalam cerita rakyat Suku Sasak Pulau Lombok. Konon, terjadi konflik peperangan untuk memperebutkan cinta sang putri Mandalika. Melihat hal tersebut, sang putri bersedih dan tidak ingin rakyatnya menderita karenanya. Hingga pada akhirnya, putri Mandalika memilih untuk menggelamkan diri ke laut dan hilang terjerat ombak. Uniknya, legenda tersebut dikaitkan dengan fenomena cacing laut yang menyala di malam hari, menambah kecantikan panorama pulau ini.

  1. Menjadi Tuan Rumah MotoGP 2021

Siapa yang sudah tidak sabar menyaksikan laga MotoGP 2021 secara langsung? Kali ini ngga perlu jauh-jauh sobat, karena Indonesia tepatnya Sirkuit Mandalika Lombok akan menjadi tuan rumahnya. Menariknya, Sirkuit Mandalika ini merupakan Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) pertama di dunia yang dibagun dengan standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dan Federation Internationale de l’Automobile (FIA). Sirkuit Mandalika memiliki konsep jalan raya sepanjang 4,32 KM dengan 18 tikungan.

  1. Kawasan Komersil Kelas Dunia

KEK Mandalika menyiapkan fasilitas bertaraf Internasional yang ramah lingkungan untuk kenyamanan para wisatawan. KEK Mandalika menghadirkan lebih dari 10 ribu kamar hotel, 1.500 hunian, serta 340 ribu m2 area komersil lainnya. Water Park, Eco Park, dan wisata rekreasi lainnya semakin melengkapi kemegahan KEK Mandalika. Bagi pecinta olahraga golf, Mandalika juga penyediakan arena bermain golf. Wah, lengkap bukan?

  1. Destinasi Wisata Utama yang Memikat

Di Mandalika kamu juga dapat menemui wisata menarik seperti ber swafoto di ayunan Pantai Tanjung Aan, mendaki puncak bukit Merese, serta menikmati panorama lainnya di Pantai Gerupuk, Pantai Serenting, Pantai Kuta, Pantai Seger dan Batu Payung. Dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha dan menghadap Samudera Hindia, wisata bahari Mandalika sudah tak diragukan lagi pesonanya. KEK Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial. 

  1. Nilai Investasi Sebesar 13 Triliun

Proyek di Mandalika sebenarnya sudah diusung sejak 29 tahun yang lalu sobat. Setelah permasalahan pembebasan lahan selesai, KEK Mandalika baru diresmikan tepatnya 20 Oktober 2017. Nilai investasi Mandalika pun terhitung sebanyak Rp 13 Triliun. KEK Mandalika memang difokuskan pemerintah sebagai salah satu sumber potensial destinasi ekowisata kelas dunia.

Yuk intip keseruan Marc Marquez cs berlaga MotoGP 2021 secara langsung di KEK Mandalika!

Source:
https://mobillombok.com/info-lombok/fakta-sirkuit-mandalika.html
https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4438461/fakta-fakta-mandalika-tuan-rumah-motogp-2021-di-indonesia

Kontributor Penulis Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Program Magang Genpinas 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here