Pesona Embung Tambakboyo di Sleman

Waduk/Embung Tambakboyo, selain sebagai area konservasi air, juga menjadi area wisata ruang terbuka hijau. Bisa menjadi tempat masyarakat berolahraga dan bahkan memancing.

Advertisement
foto gambar Waduk Embung Tambakboyo Sleman Yogyakarta - @yusuf_dzikrianto
Waduk / Embung Tambakboyo di Kabupaten Sleman, DIY Yogyakarta. Menyuguhkan view dan suasana memesona. (Foto: @yusuf_dzikrianto)

Embung Tambakboyo, salah satu tempat wisata alam murah di Sleman, DIY Yogyakarta. Kerap kali dijadikan sarana olah raga gratis bagi anak muda. Karena berada tidak jauh dari pusat perkotaan dan kawasan kampus berbagai perguruan tinggi.

Embung atau Waduk Tambakboyo memiliki luas 7,8 hektare. Sebuah waduk yang menampung air dari Sungai Buntung dan Sungai Tambak Bayan.

Menjadi area konservasi air untuk memenuhi kebutuhan air saat musim kemarau tiba. Sangat bermanfaat bagi pengairan, dan cadangan air untuk PDAM.

Waduk berkapasitas 400.000 m3 ini menjadi sumber resapan air tanah wilayah kabupaten Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Baca juga:
* Obelix Hills di Sleman, Panorama Indah dan Suasana Syahdu

Lokasi Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo berlokasi di Condong Catur, Kabupaten Sleman, DIY Yogyakarta.

Akses menuju waduk ini sangat mudah. Kalau kamu dari arah perempatan lampu merah UPN, arahkan kendaraan ke arah utara. Menuju kampus UII Ekonomi hingga mentok, lalu belok ke kanan.

Alamat : Condong Catur, Depok, Ngringin, Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Genangan air embung ini meliputi 2 desa. Yaitu Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, dan Desa Condongcatur, Kecamatan Depok.

Harga Tiket Masuk

Waduk Tambak Boyo - sda.pu.go.id - 1
(Sumber foto: sda.pu.go.id)

Hanya dengan membayar biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk mobil, Rp2.000 untuk motor Rp1.000 untuk pesepeda, dan gratis untuk pejalan kaki pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas gratis dengan pemandangan alam di tengah kota.

Jam Buka

Obyek wisata Bendungan Tambakboyo dibuka 24 jam. Namun sebelum berkunjung sebaiknya pastikan kembali jam operasional selama masa pandemi Covid-19

Pesona Embung Tambakboyo

foto gambar Waduk Embung Tambakboyo Sleman Yogyakarta - @dhimas.satriaa
(Foto: @dhimas.satriaa)

Waduk Tambakboyo, selain sebagai area konservasi air, juga menjadi area wisata ruang terbuka hijau. Bisa menjadi tempat masyarakat berolahraga dan bahkan memancing.

Ada beberapa jenis ikan yang hidup di waduk yang memiliki rata-rata kedalaman 7 meter ini. Antara lain ikan nila, wader, kotes, dan ikan sepat.

Wisata murah meriah EmbungTambakboyo ini menjadi tempat wisata yang menyenangkan bagi semua kalangan. Terutama bagi kalangan mahasiswa.

Mereka dapat menghabiskan waktu untuk sekedar melepas penat dengan berolahraga di sini. Seperti melakukan aktivits jogging, yoga, senam, dan bersepeda.

Ataupun melakukan kegiatan lain seperti membuat karya digital, berfoto ria, memancing, dan berkuda.

Tidak perlu takut kelaparan saat lelah berkeliling di Embung Tambakboyo. Karena terdapat banyak pedagang kaki lima dan beberapa cafe di sekitarnya.

Salah satu cafe yang baru buka selama masa PPKM ini adalah Simbil Eatry and coffee. Café ini menawarkan lebih dari 20 menu makanan rumahan dan makanan ringan.

Menggunakan konsep self service dengan kisaran harga Rp3.000 – Rp35.000. Suasananya pun nyaman dengan view bendunganTambakboyo.

Akan membuat pengunjung cafe merasa betah untuk sekedar nongkrong atau mengerjakan tugas kuliah.

Fasilitas di Embung Tambakboyo

foto gambar Waduk Embung Tambakboyo Sleman Yogyakarta - @yani_aditya
(Foto: @yani_aditya)

Meskipun Embung Tambakboyo merupakan objek wisata murah, namun embung ini memiliki banyak fasilitas.

  • Musholla
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Beragam jajanan
  • Jalur olahtraga

Recommended

Mengunjung waduk ini di pagi hari sangat disarankan. Karena selain matahari masih belum terlalu terik, kamu juga akan mendapatkan udara yang masih sangat segar.

Jika beruntung, kamu bisa menikmati keindahan Waduk Tambakboyo dengan view gunung Merapi dan warna langit yang indah.

Baca juga:
* Pesona Taman Wisata Batu Kapal di Bantul

Bagi kamu yang akan berlibur di Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Embung Tambakboyo di Sleman ya.

(Penulis: Syifa Rafifah Fauziyah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Program Magang Genpinas)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here