Eksplorasi Keindahan Alam Gua di TNAL Maluku Utara

Wisata Minat Khusus - Wisata Gua Resort Akejawi - Taman Nasional Aketajawe Lolobata - Maluku Utara - 2
Salah satu gua yang ada di Resort Akejawi TNAL, Maluku Utara. (Foto: dok. TNAL)

Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata Maluku Utara melakukan berbagai cara untuk mengangkat berbagai potensi. Termasuk wisata gua di kawasan karst yang berada di Resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Menariknya nih, ada 51 gua di kawasan Resort Akejawi. Seluruh gua yang sudah ditemukan tersebut sebagiannya sudah teridentifikasi dan dipetakan. Semoga saja ya bisa menjadi destinasi favaorit bagi wisatawan yang senang dengan wisata gua.

Baca juga:
* Ayo Berpetualang ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Dari info yang genpi.id peroleh, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata terus melakukan kegiatan survey dan inventarisasi. Dan yang terakhir dilakukan selama 11 hari. Dari tanggal 25 Maret hingga 4 April 2021.

Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata, T. Heri Wibowo menjelaskan, survei dilakukan untuk memetakan sebaran gua yang berada di kawasan karst di resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Selain itu juga untuk mengidentifikasi jenis-jenis gua yang ada.

“Hasil dari kegiatan ini bisa untuk bahan dan data awal guna pertimbangan untuk menjadikan kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata sebagai bagian dari Geopark Nasional. Bukan sekadar memetakan dan inventaris saja,” Ujar Heri.

“Potensinya besar sekali. Memiliki sebaran karst terbesar serta sebaran gua terbanyak di Maluku Utara”. Tegas Heri.

Heri berharap kawasan ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata alam minat khusus di Maluku Utara. Yaitu berupa wisata susur gua (caving).

Foto Gambar Wisata Gua Resort Akejawi - Taman Nasional Aketajawe Lolobata - Maluku Utara
(Foto: dok. TNAL)

Bukan tim speleologi Taman Nasional Aketajawe Lolobata saja yang melakukan survey dan inventarisasi di Resort Akejawi. Juga ada Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara yang turut terlibat.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara, Dedy Arief, pun sependapat kawasan ini memiliki potensi wisata yang luar biasa.

“Sesuai hasil observasi dan inventarisasi, kawasan karst Resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata memiliki ragam morvologi endokarst. Yaitu stalaktit, stalakmit, flowstone, pilar, tirai, chamber, jendela karst, terowongan, sungai bawah tanah, dan jembatan alam.” Dedy memaparkan.

“Selain itu juga ada eksokarst yang terdiri dari polje, menara karst dan uvala. Kesemuanya sangat layak untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata minat khusus. Juga bisa menjadi bagian dari Geopark Nasional.” Imbuhnya.

Baca juga:
* Berkunjung ke Air Terjun Sigela di Tidore Kepulauan

Disampingi itu, Dedy menambahkan, sumber air tanah dari karst juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih di Desa Akejawi dan sekitarnya.

Ada yang tertarik menjelajahi gua di Resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata Maluku Utara?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here