Eksotisme Savana Taman Nasional Baluran

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi hamparan padang savana, tidak perlu jauh-jauh sobat. Di Jawa Timur, kamu bisa menemui kawasan ekosistem flora dan fauna yang menawan bak sedang berada di Africa loh. Dimana lagi kalau bukan di Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman Nasional yang dijuluki sebagai ‘Africa Van Java’ ini, memiliki luas kurang lebih 25.000 hektar. Di dalamnya, kamu dapat menikmati suasana ekosistem hutan Evergreen, hutan Musim, pantai Bama, goa Jepang dan Savana Bekol yang mendominasi luas lahan sekitar 40%. Nah savana Bekol ini lah yang menjadi ikon dari estetika Taman Nasional Baluran. Selain itu, pohon-pohon tinggi menjulang bak film Jurassic Park juga menghiasi perjalananmu menyusuri Taman Nasional ini. Wah seperti hidup di era Dinousaurus ya sobat.

Hamparan padang rumput yang dihiasi dengan ragam satwa liar di savana Bekol, sepintas mirip dengan padang savana yang ada di Africa. Jika kamu beruntung, kamu dapat melihat pemandangan menarik dari kawanan rusa yang sedang mengeksplor sisi dan sudut padang rumput. Tak hanya rusa, di tengah petualangan kamu menelusuri Taman Nasional ini, kamu juga dapat menjumpai satwa lainnya seperti banteng, kijang, monyet, macan tutul dan beberapa jenis burung lainnya seperti ayam hutan, burung merak, serta tuwak Asia.

Kawasan ini memiliki sistem ekosistem asli yang dikelola dengan sistem zonasi untuk budidaya, penelitian dan pastinya pariwisata. Di Taman Nasional Baluran, terdapat kurang lebih 444 jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai tipe ekosistem,  27 spesies mamalia, serta 155 spesies burung. Selain itu, pos-pos pengamatan juga tersebar di beberapa titik kawasan, diantaranya Batangan, Bekol dan Semiang, Bama, Manting dan air Kacip, Popongan, dan yang terakhir Curah Tangis.

Berlatar belakang pegunungan Baluran, Taman Nasional ini cocok sekali untuk dijadikan pilihan destinasi pelepas penat. Selain bersua-satwa, kita juga mudah menemukan spot instragamable untuk menambah kenangan manismu. Jalur yang mulanya terbilang rusak, kini sudah diperbaiki dan dapat dilalui untuk mengeksplor seluruh bagian kawasan Taman Nasional dengan mulus. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi ya sobat!

Selagi berkunjung, kamu juga wajib memperhatikan peraturan yang ada seperti dilarang membuang sampah sembarang, mengoperasikan drone, memberi makan satwa dan juga batas maksimal kecepatan kendaraan 20 km/jam.

Letak Geografis

Secara geografis Taman Nasional Baluran berada di koordinat 7°29’10’’ – 7°55’55’’ Lintang Selatan dan 114°29’10’’ – 114° 39’ 10’’ Bujur Timur. Sedangkan secara administratif, wilayahnya berada di bagian ujung timur dari Pulau Jawa, tepatnya di area Hutan, Sumberwaru, Banyuputih,perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Tiket Masuk

Nusantara (Rp 16.000 – Rp 18.500)
Mancanegara (Rp 165.000 – Rp 240.000)

Kendaraan Roda 2 (Rp 5.000)
Kendaraan Roda 4 (Rp 10.000)
Kendaraan Roda 6 (Rp 50.000)

Jam Operasional

Senin – Jumat pukul 07.30 – 16.00 WIB

source: https://rimbakita.com/taman-nasional-baluran/

Kontributor Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Program Internship Genpinas 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here