Dusun Siwang Kota Ambon, Tempat Rekreasi Asyik di Ketinggian

Advertisement
New Siwang Ujung Huk - wisata dusun siwang ambon - @rama_holak
New Siwang Ujung Huk, salah satu destinasi wisata di Dusun Siwang, Kota Ambon, Maluku. (Foto: IG @rama_holak)

Dusun Siwang Ambon – Jika kamu berkunjung ke wilayah Timur Indonesia terutama ke Kota Ambon di Provinsi Maluku, jangan kelewat destinasi wisata yang satu ini.

Letaknya berada di kawasan bukit yang pada kondisi tertentu tempat ini cenderung diselimuti kabut. Warga setempat menyebut kabut ini dengan sebutan “kamu-kamu”.

Destinasi wisata ini menawarkan berbagai tempat wisata dengan pemandangan alam Maluku yang indah.

Ya, jika kamu mengunjungi Dusun Siwang kamu dapat mengunjungi setidaknya 4 lokasi wisata berbeda yang masing-masing menawarkan keindahan alamnya.

Letaknya berada di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Berjarak sekitar 10an kilometer dari pusat kota. Jalan menuju lokasi wisata Dusun Siwang ini sedikit menantang. Karena akses jalan yang belum memadai.

Penasaran kan, kira-kira 4 lokasi yang dapat kamu kunjungi di Dusun Siwang ini apa saja? Yuk kita bahas!

Baca juga:
* Kohu Kohu Makanan Khas Maluku yang Nikmat dan Segar

Siwang Paradise

siwang paradise - wisata dusun siwang ambon - @viee_eyelashbeauty
(Foto: IG @viee_eyelashbeauty)

Dari namanya yakni Siwang Paradise, tempat ini dikatakan sebagai ‘puncak surga’ yang ada di Kota Ambon. Kurang afdol kalau kamu ke Kota Ambon dan tidak mampir mengunjungi Siwang Paradise.

Untuk dapat memasuki kawasan ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 8.000,- per orang untuk tiket masuk.

Tempat ini menjadi lokasi pertama yang pertama kali dibangun di Dusun Siwang. Tepatnya dibangun pada sekitar bulan November 2019 dan baru mulai dikenal pada awal tahun 2020.

Siwang Paradise berada di ketinggian 500 mdpl yang lebih tinggi dibandingkan dengan lokasi wisata lainnya di Dusun Siwang. Jadi, kalian harus mendaki cukup jauh dari area parkiran menuju lokasi ini.

Karena letaknya yang berada lebih tinggi dibanding lokasi wisata lainnya, kamu bisa memandang panorama alam sekitar dari Siwang Paradise. Kamu bisa menikmati pemandangan laut di arah Selatan. Yaitu panorama Tanjung Latuhalat dan Bukit Dusun Seri.

Di sini juga kamu akan melihat banyak pepohonan berbatang lurus yang sekilas nampak seperti wisata Hutan Pinus.

Berdiam diri di Siwang Paradise kamu akan merasakan ketenangan. Ditambah dengan angin yang berhembus yang bisa meninabobokkan.

Jadi jika ke Dusun Siwang kamu harus mengunjungi Siwang Paradise untuk mendapatkan sensasi ‘puncak surga’ dari Kota Ambon ini ya!

New Siwang Ujung Huk

Lokasi kedua yang dapat kamu kunjungi dari Dusun Siwang adalah New Siwang Ujung Huk. Tempat ini terletak di bagian paling ujung Dusun Siwang.

Untuk dapat memasuki New Siwang Ujung Huk ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya yang lebih murah dibanding harga tiket masuk ke Siwang Paradise. Tiket masuknya hanya sebesar Rp 5.000,- per orang.

Kata Huk sendiri berasal dari Bahasa Belanda yakni “Hoek” yang berarti sudut.

Konon sebelum menjadi destinasi wisata, lokasi wisata ini dulunya merupakan tempat peristirahatan. Banyak warga Dusun Seri dan warga asal Buton kediaman Ambon yang beristirahat saat melintasi Dusun Siwang.

Dari sini kamu juga dapat menikmati pemandangan yang sama dari Siwang Paradise. Yakni panorama laut dan bukit yang menghadap langsung ke Dusun Seri dan Tanjung Latuhalat.

Bonusnya adalah, dari New Siwang Ujung Huk ini kamu dapat menemukan keindahan panorama Kota Ambon yang membentang.

Huk Bay

Lokasi ketiga yakni Huk Bay atau Teluk Bay. Tempat ini baru dibuka pada bulan Agustus 2020 lalu.
Huk Bay masih terletak di kawasan yang sama dengan New Siwang Ujung Huk.

Untuk dapat memasuki kawasan ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya yang termasuk masih terjangkau. Yaitu Rp 8.000,- per orang untuk tiket masuk. Ditambah dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,-

Huk Bay terbilang mempunyai konsep lokasi wisata yang paling berbeda dibanding Siwang Paradise dan New Siwang Ujung Huk.

Di lahan yang tidak begitu luas ini pengelola setempat telah mengeluarkan modal yang terhitung cukup besar. Seperti membeli peralatan pendukung berupa meja, kursi, tenda payung, kursi ayunan gantung, beberapa boneka dan vas bunga untuk menarik perhatian para pengunjung.

Selain itu letak Huk Bay juga yang terlihat paling beda di antara destinasi wisata sebelumnya. Hal ini karena Huk Bay berada di pinggir atau pesisir teluk.

Jika kamu berkunjung ke Huk Bay jangan lupa untuk mencoba ayunan gantung disini ya! Apalagi jika membawa kekasih hati, pasti akan terlihat romantis!

Puncak Kota Siwa

puncak kota siwa - @gill_ian801999
(Foto: IG @gill_ian801999)

Tempat wisata yang paling terakhir dibuka untuk umum adalah Puncak Kota Siwa. Tepatnya baru diresmikan pada bulan Oktober 2020 lalu.

Sama saat seperti mengunjungi Siwang Paradise dan New Siwang Ujung Huk. Untuk dapat memasuki kawasan ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang.

Lokasi Puncak Kota Siwa tak jauh dari lokasi pertama yakni Siwang Paradise.

Diberi nama Puncak Kota Siwa karena lokasi wisata ini yang berada di puncak (kedudukan tinggi) dengan pemandangan ke arah Kota Ambon.

Sedangkan kata ‘Siwa’ berarti sembilan. Merujuk kepada asal-usul Dusun Siwang yaitu terdiri dari sembilan soa dan sembilan marga.

Di sini terdapat beberapa tempat duduk yang unik. Ada yang terbuat dari bahan bambu dan kayu yang dicat berwarna-warni. Juga ada tempat duduk yang dihiasi dengan boneka-boneka. Dan yang tak kalah menarik terdapat dua buah rumah pohon yang cukup tinggi.

Dari Puncak Kota Siwa ini juga kamu dapat menikmati pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Di sini kamu dapat melihat ikon dari Kota Ambon yakni Jembatan Merah Putih.

Tempat ini tidak setinggi Siwang Paradise. Namun pemandangan dari sini tidak kalah indah. Dari Puncak Kota Siwa ini kamu bisa melihat pemandangan Kota Ambon.

Tentu kamu pasti akan takjub melihat pemandangan yang ditawarkan jika berkunjung ke Puncak Kota Siwa ini.

Recommended

Walaupun terbilang baru, Dusun Siwang menjadi tempat yang rekomen banget. Bisa menjadi alternatif rekreasi jika kamu berkunjung ke Kota Ambon.

Di sini kamu bisa menikmati 4 wisata yang berbeda-beda. Terlebih lagi, masing-masing lokasi wisata ini menawarkan keindahan alamnya sendiri-sendiri.

Dan kabarnya Dusun Siwang masih akan melakukan pembangunan untuk lokasi wisata baru lainnya.

Nantinya akan semakin banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Dusun Siwang nih!

Baca juga:
* Bukit Kasih Kanonang, Simbol Kerukunan Umat Beragama di Minahasa

Bagaimana? Sudah menyusun rencana untuk menjelajah wisata alam di Dusun Siwang Kota Ambon Maluku ini?

(Artikel ini ditulis oleh: Amelia Dwinda Gusanti, Universitas Telkom, Program Magang Genpinas)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here