10 Foto Coban Pelangi di Kabupaten Malang, Sejuk dan Segar!

Sinar matahari yang mengenai percikan air, akan mengeluarkan warna-warni pelangi yang indah. Oleh karenanya dinamakan Coban Pelangi.

Air Terjun Pelangi Malang - Federico Senesi
Suasana di sekeliling Coba Pelangi begitu alami dan asri. Ditambah dengan suhu sejuk. Bisa membuat betah berlama-lama disini. (Foto: Federico Senesi)

Traveling ke Kabupaten Malang Jawa Timur, cobain deh salah satau wana wisata indah disana. Coban Pelangi, sebuah air terjun yang berada di kaki Gunung Semeru.

Coban Pelangi, Air Terjun Pelangi, memiliki ketinggian jatuhan air sekitar 110 meter. Dinamakan demikian karena sering terlihat bias warna pelangi di siang hari disini.

Bagi Pendaki Gunung Semeru, keberadaan Air Terjun Pelangi ini tidaklah asing. Karena dari Tumpang menuju Ranu Pane, mobil jeep yang mereka tumpangi akan melewati lokasinya.

Baca juga
* Sekumpul Waterfall, A Must-See Nature Atrraction in Buleleng Bali

Lokasi Coban Pelangi

Lokasi Coban Pelangi
Pintu masuk Coban Pelangi. (Sumber; Google Map)

Air Terjun Pelangi berada di: Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur. Dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, dan masuk wilayah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kira-kira ada di pertengahan jalan antar Tumpang dan Ranu Pane.

Lihat lokasinya di Google Map Coban Pelangi

Rute ke Coban Pelangi

Air Terjun Pelangi Malang - @cahkw_
(Foto; Instagram @cahkw_)

Untuk menuju Air Terjun Pelangi, pertama-tama kita harus sampai dulu di Tumpang. Tumpang sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Malang.

Dari Tumpang, kamu mengarah ke Timur, menyusuri jalan kecil menanjak. Sekitar 16 kilometer, kamu akan melintasi punggung bukit dengan pemandangan lembah dan bebukitan indah di sisi kanan.

Kemudian ada deretan warung di tepi jalan sebelah kiri dan ada plang bertuliskan ‘Wana Wisata Coban Pelangi’ di kanan jalan.

Pintu masuk Coban Rondo berada sekitar 10 kilometer sebelum pertigaan Jemplang. Pertigaan yang mengarah ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Dari pintu masuk kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan. Jalan sejauh sekitar 1.500 meter, baru sampai di lokasi air terjun.

Lumayan jauh bagi yang tidak biasa jalan. Namun kita akan terhibur oleh pemandangan alam yang memesona selama trekking.

Jam Buka

Air terjun Coban Pelangi - @masell.le
(Foto; IG @masell.le)

Tidak ada batas waktu untuk mengunjungi air terjun Pelangi. Jadi, kamu bisa berkunjung kemari kapan saja waktu kamu sampai.

Namun pengelola membatasi kunjungan hanya sampai pukul 16.00 WIB. Hal ini bertujuan untuk mengindari air bah yang sering kali datang dari bagian hulu pegunungan.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

CobanPelangi Gubuklakah Poncokusumo - @jeffricahyono
(Foto @jeffricahyono)

Tiket masuk: Rp. 10.000
Parkir motor: Rp. 5.000
Parkir mobil: Rp. 10.000

Camping: Rp10.000
Peralatan Camping: Rp. 50.000
Naik Kuda: Rp. 30.000/orang
Rafting Rp. 35.000/tim
Tubing Rp. 5.000/orang

Destinasi Favorit Traveler

Jalur menuju air terjun - Farich Ilmi
Jalur menuju air terjun. (Foto Farich Ilmi)

Bagi yang suka wisata petualang, datang ke Coban Pelangi adalah sebuah kesenangan tersendiri. Walaupun akses tidak terlalu sulit, pemandangan indah dan alami di sekitar, akan membuat pengunjung merasa sudah benar-benar berpetualang di alam.

Apalagi banyak daya tarik dan atraksi yang bisa kita dapatkan selama beriwisata disini. Semua akan memberikan pengalaman dan cerita menarik setelah pulang.

Suasana Alami

CobanPelangi Malang - bn.tng2
(Foto; IG @bn.tng2)

Alam menjelang sampai dan di sekitar Coban Pelangi terlihat dan terasa masih begitu alami. Masih banyak pepohonan hijau dan asri yang membuat mata dan pikiran kita teduh dan tenang.

Ditambah lagi dengan suara-suara hewan yang tidak pernah kita dengar di kota. Seperti kicauan burung dan jeritan hewan-hewan kecil yang tidak terlihat oleh mata kita.

Suhu Sejuk

CobanPelangiMalang - @agoes_arie
(Foto @agoes_arie)

Suhu di sekitar air terjun berkisar antara 19-23 derajat celcius. Terasa begitu sejuk. Apalagi ditambah dengan percikan air terjun yang membasahi udara dengan mengenai kulit kita. Saat udara berhembus, bisa jadi kita akan merasa sedikit kedinginan.

Waktu Terbaik Untuk Datang

Coban Pelangi Gubuklakah Poncokusumo - @sinandservice
Waktu terbaik untuk datang adalah sekitar tengah hari. Kalau beruntung, bisa melihat pelangi yang muncul di antara butir air yang beterbangan di sekitar air terjun. (Foto Instagram @sinandservice)

Beberapa sumber mengatakan, waktu terbaik datang ke Coban Pelangi adalah antara pukul 10:00 – 14:00 WIB.

Karena di waktu tersebut, posisi matahari sudah tinggi. Sinar matahari yang mengenai percikan air, akan mengeluarkan warna-warni pelangi yang indah.

Semakin pagi atau semakin sore, suasana tidak seterang waktu tersebut.

Apa Saja yang Bisa Kita Lakukan Disini?

1. Camping di Coban Pelangi

Coban Pelangi Gubuklakah Poncokusumo - @abankoghy
(Foto: IG @abankoghy)

Bagi yang suka bermalam di tenda di tengah suasana alam yang sejuk, makan camping di Coban Pelangi akan terasa mengasyikkan. Lokasinya berada di setengah perjalanan dari pintu masuk.

Kamu bisa menyewa peralatan camping kalau tidak memiliki atau membawa dari rumah.

Tersedia fasilitas lahan camping, kamar mandi dan 2 toilet.

2. Menunggang Kuda

Mau coba menunggang kuda mengelilingi kawasan Coban Pelangi? Kamu bisa mencobanya dari pintu masuk pulang pergi.

Bagi yang merasa tidak kuat trekking, bisa mencoba naik kuda ke arah air terjun.

3. Jembatan Bambu

Jembatan Bambu - Zuppa Van Hardy
Jembatan Bambu. (Foto Zuppa Van Hardy)

Salah satu spot foto yang banyak diincar traveler di Coban Pelangi adalah sebuah jembatan bambu di atas aliran air.

Karena banyak pasangan yang bergandengan tangan saat melwatinya, beberapa pengunjung menyebutnya dengan julukan jembatan cinta.

Kesimpulan

Coban Pelangi Malang - @ahmad_anjarwicaksono
(Foto; IG @ahmad_anjarwicaksono)

Kalau kamu menyukai wisata alam, cobalah berkunjung ke Coban Pelangi/Air Terjun Pelangi yang berada di Ngadas, Malang, Jawa Timur ini.

Baca juga
* GenPI Lampung Barat Angkat Potensi Air Terjun Way Asahan di TNBBS

Selain pemandangan indah di perjalanan dan di lokasi, suasana sejuk dan indah alami akan sangat menghibur mata dan pikiran kita. Suasana yang membuat suasana hati tenang dan senang.

Jadi, tidak ada salahnya memasukkan Coban Pelangi kedalam daftar destinasi yang akan kamu kunjungi saat liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here