Ciri Khas Bubur Disudut Kota Indonesia


Memasuki bulan penghujan, rasanya perut selalu meminta makan ya.  Alias lapar mulu, ingin rasanya dihangatkan dengan makanan yang hangat-hangat. Ngomomgin soal hujan, hangat, makanan wah, pas sekali nih hidangan yang satu ini siap membuat kalian lapar. Hidangan Bubur salah satu makanan yang banyak disukai oleh semua orang. Selain bagus untuk pencernaan, bubur hampir cocok disetiap lidah para pencicipnya. Bahkan sampai cara makan bubur pun di pertanyakan oleh masyarakat, kamu makan bubur tim aduk bubur atau tim ga diaduk nih. Mau di aduk atau ga diaduk, makanan selalu punya cita rasa masing-masing disetiap penikmatnya. Mungkin selama ini jika kamu bahas bubur, yang melekat adalah beras yang dimasak sampai cukup alus. Tapi kenyataanya bubur tidak hanya sekedar nasi yang alus loh. Namun bubur itu sangat beragam, Indonesia tidak perlu diragukan lagi ya soal keragaman kulinernya. Begitupun dengan kuliner bubur. Inilah ciri khas bubur disetiap sudut kota Indonesia

Sumber Foto: armandolan.com

  1. Bubur Ayam Cianjur

Bubur ayam Cianjur, sering sekali ditemui di Cianjur dan sekitar daerah puncak Bogor. Jika kamu kedaerah sini disepanjang jalan kamu bisa menemuinya. Tidak hanya disitu saja, di daerah lainya Kab. Bogor Bubur ayam Cianjur suka ditemui. Ciri khas dari bubur yang satu ini, terdapat topping pepes daun bawang, dengan irisan usus dan ampela, dicampur dengan kuah kuning tanpa santan dan  kacang tanah goreng serta kerupuk kuning khas Cianjur. Jika kalian ke Cianjur bisa mampir ke Bubur Ayam Sampurna, berlokasi di Jalan. H. Agus Saleh No.48, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Semua bahan yang dipake  punya lokal Cianjur.

Bubur Manado

Sumber : Isna Muslim Photoworks

Bubur Manado atau disebut juga tinutuan, bubur yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan bubur lainnya. Bubur yang satu ini menggunakan sayuran, seperti kangkung, bayam, kacang panjang, jagung pipil, ubi merah, daun gedi, dan kemangi. Di Manado biasanya bubur ini disantap bersamaan dengan lauk ikan tongkol dan ikan sambil bersama  sambal khasnya yaitu sambal bakasang atau dabu-dabu. Di Jl. Wakeke, Manado sepanjang jalan kalian bisa menemukan penjual bubur manado dengan mudah.

  • Bubur Jali-Jali

Dari namanya Jali-jali, sudah sangat khas dengan Sang Ibu Kota Jakarta. Jika bubur biasanya dari beras kali ini bubur Jali-Jali terbuat dari biji jail-jali yang direbus sampai lembut. Disajikan dengan santan dan gula merah. Biji Jali-Jali memiliki manfaat yang bagus untuk Kesehatan kamu, menurunkan kolesterol, bagus untuk kesehatan usus.

  • Bubur Kanji Rumbi

Bubur khas Aceh, ini memiliki cita rasa yang kuat karena kaya akan rempah-rempah. Berbahan jahe, kunyit, lada, bawang , dan daun sop serta ditambahkan irisan daging, udang, dansayuran wotel, kentang, membuat makin khas bubur ini.

  • Bubur Kampiun

Seperti Bubur Kanji Rumbi bubur yang satu ini sama-sama dari pulau Sumatra. Bubur Kampium berasal dari Minangkabau. Jika kamu ke Bukittinggi, Padang, Sumatra Barat, kamu bisa cicipi bubur ini. Bubur Kampium adalah perpaduan antara bubur susum,ketan hitam, ketan putih,bubur kacang padi, bubur conde dan kolak pisang. Membuat cita rasa, menjadi komplit, saat memakannya.

Diantara bubur kelima ini, yang pernah kamu makan yang mana nih sobat Genpi atau ada bubur lain yang pernah kamu makan. Memang kuliner Indonesia sangat beragam ya dan tidak perlu diragukan lagi cita rasanya.

Sumber : https://blog.airyrooms.com/kuliner/7-bubur-khas-indonesia/

Penulis: Gita Fitria Halim Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jakarta. Program Internship Genpinas Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here