Cari Kerja? Buka SIMONAS, Platform Lowongan Kerja Kominfo

Simonas - kominfo - Bursa Kerja - portal lowongan kerja - loker
Simonas, platform yang diluncurkan oleh Kementerian Kominfo. Bertujuan memudahkan pencari kerja dan perusahaan. (Foto ilustrasi, sumber: Andrew Neel/unsplash)

SIMONAS – Traveling kan butuh biaya ya. Ada kawan-kawan yang sedang mencari kerja buat isi tabungan terus jalan-jalan di akhir tahun? Mencari informasi di platform dan portal lowongan kerja? Ya, kamu bisa mencari banyak info bursa kerja dimana-mana. Sudah pernah dengar platform ini? Apa itu SIMONAS?

Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan platform national talent pool SIMONAS. Kamu bisa gunakan platform lowongan kerja ini untuk menemukan peluang kerja sesuai bidangmu. Dan pelaku industri bisa mencari talenta digital yang dibutuhkan. Demikian dijelaskan dalam rilis Kominfo, Kamis (05/09/2019).

Baca juga:
* Aplikasi SiCANTIK Cloud Beri Kemudahan Urus Perizinan Online

Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badan Litbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya menghubungkan SDM yang tersedia di Indonesia dengan perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga kerja.

Upaya itu diimplementasikan dengan meluncurkan platform SIMONAS. Platform ini berfungsi untuk rekrutmen tenaga kerja sekaligus sebagai national talent pool yang dapat digunakan oleh kandidat pencari kerja dan perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja.

Jadi, SIMONAS adalah platform rekrutmen pekerjaan yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Memang awalnya dirancang sebagai sistem informasi dan pemantauan untuk lulusan pelatihan Sistem Standardisasi Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) dan lulusan Digital Talent Scholarship (DTS). Namun sekarang platform ini terbuka untuk semua pencari kerja Indonesia.

Mudahkan Pencari Kerja dan Pemburu Talenta Digital

SIMONAS mewadahi talenta lulusan Digital Talent Scholarship dan lulusan SKKNI yang telah menyelesaikan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo.

Platform ini terbuka untuk umum, namun memberikan badge verifikasi terhadap lulusan program DTS serta informasi mengenai tema pelatihan yang diikuti.

Untuk kamu yang mencari lowongan kerja, portal SIMONAS memberikan fitur pencarian kerja berdasarkan lokasi, kisaran gaji, jenis perusahaan, dan nama perusahaan.

Ke depannya, SIMONAS akan memberikan opsi bagi kandidat untuk menyaring pekerjaan berdasarkan sektor.

Saat genpi.id cek di lamannya, pada hari Minggu 8 September 2019, ada 67 perusahaan yang bergabung dalam platform ini. Ada 67 info lowongan kerja, dan ada 3507 kandidat yang melamar kerja.

Masuk saja ke lamannya dengan klik tombol di bawah ini.

Frequent Asked Questions

SIMONAS
Tampilan fitur “Find Jobs” di SIMONAS.

Berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban yang mungkin saja bisa muncul saat kamu menggunakan platform bursa kerja ini.

1. Bagaimana Cara Mendaftar SIMONAS?

Kamu yang lulusan DTS, bisa mendaftar dengan masuk ke akun DTS-mu di https://digitalent.kominfo.go.id dan mengklik tombol ‘aktifkan’ untuk mengatur akun-mu.

Untuk selain lulusan DTS, kamu bisa mendaftar dengan klik tombol “Sign In” di kanan atas laman SIMONAS dan “Creat Account”.

2. Saya tidak dapat masuk ke Akun Saya? Apa yang harus dilakukan?

Pastikan kamu masuk sebagai Calon/Candidate di tautan ini https://simonas.kominfo.go.id/signin
Kalau kamu lulusan DTS, coba masuk dengan nomor pendaftaran DTS Anda.

3. Saya ikut program DTS, tapi saya tidak bisa masuk SIMONAS?

Hanya peserta yang menyelesaikan pelatihan dan menerima Sertifikat yang akan difasilitasi untuk masuk sebagai lulusan DTS. Namun, kamu tetapbisa membuat akun sendiri di laman SIMONAS.

4. Apa yang harus dilakukan setelah mendaftar di SIMONAS?

Untuk mengaktifkan akun, kamu harus membuat profil agar bisa terlihat oleh perusahaan. Kamu juga harus memperbarui profil dan mengisi data-data yang diperlukan. Antara lain:

  • Photo
  • CV
  • About Me
  • Diploma
  • Skills
  • Education
  • Portofolio
  • Job Experiences

5. Bagaimana cara melamar pekerjaan di SIMONAS?

Kamu bisa temukan informasi lowongan kerja (loker) dengan klik tombol “Find Jobs” pada bilah tab di menu utama.

Klik tombol “View Deails” pada lowongan kerja yang kamu minati. Ada informasi kategori, employer type, location, job type, dan salary range.

Juga dijelaskan mengenai Job Description & Requirement dan benefits.

Kalau cocok, klik tombol “Apply Now” di kanan atas. Kotak konfirmasi akan muncul, klik sekali lagi untuk melamar pekerjaan tersebut.

6. Bagaimana cara saya melacak pekerjaan yang telah saya lamar?

Klik foto Anda di sudut kanan atas laman. Buka profil dan cari ‘Jobs Application’ di bagian kiri profil kamu.

7. Bagaimana caranya saya tahu kalau terpilih?

Kalau perusahaan yang kamu lamar memilihmu, kamu bisa saja dihubungi melalui email-mu. Atau bsia juga dihubungi melalui fitur email di profil SIMONAS.

8. Saya sudah melamar pekerjaan, tapi tidak ada kabar?

Perusahaan mungkin akan menghubungi kamu atau dengan cara lain kalau ingin memberitahu bahwa kamu tidak terpilih di proses rekrutmen.

Tetapi kalau kamu tidak mendapat kabar dalam waktu yang lama, cari saja lowongan baru lainnya.

Bagaimana guys, tertarik mencoba platform ini?

Coba saja deh melamar pekerjaan dari SIMONAS. Karena informasi lowongan kerja (Loker) yang mungkin memang sedang kamu cari.

Kerja dan nabung. Biar traveling, piknik, dan liburan jalan terus 🙂

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here