Bupati Dawam Rahardjo: “Sinergi Untuk Percepatan Pariwisata Lamtim”

Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Pariwisata Lampung Timur
Bupati Lampung Timur Memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Pariwisata Lampung Timur, Senin (24/05/2021). (Foto: dok GenPI Lampung)

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar rapat koordinasi percepatan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Lampung Timur, di aula perumahan dinas Bupati Lampung Timur, hari Senin (24/05/2021).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo, Forkopimda, dan OPD. Turut mengundang berbagai organisasi dan komunitas yang bergerak di bidang pariwisata.

Antara lain DPC HPI Lampung Timur, FK Pokdarwis Lampung Timur, Ikatan Muli Mekhanai Lampung Timur. Juga Generasi Pesona Indonesa (GenPI) Provinsi Lampung dan organisasi kepemudaan Kabupaten Lampung Timur.

Baca juga:
* Danau Way Jepara Lampung Timur

Rakor tersebut bertujuan untuk saling koordinasi dalam rangka membentuk tim percepatan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Lampung Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Timur Junaidi mengatakan, perlu adanya kerjasama berbagai pihak untuk dapat membangun pariwisata Lampung Timur.

“Untuk pembangunan wisata yang dikelola pokdarwis, butuh beberapa dorongan dari dinas-dinas tarkait. Membangun 3A. Yakni atraksi, aksesibilitas dan amenitas di setiap destinasi yang berpotensi di Lampung Timur.” Ujar Junaidi.

Di Lampung Timur ini, Junaidi menambahkan, terdapat beberapa obyek wisata unggulan yang dapat dimaksimalkan.

“Objek wisata di Lamtim di antaranya Taman Putbakala, Pantai Cemara, Pantai Kerang Mas, Pantai Mutiara, hutan mangrove, dan sebagainya. Masing-masing destinasi tersebut statusnya masih berpotensi, dan harus dikembangkan,” Junaidi membeberkan.

Dalam kesempatan tersebut, para penggiat pariwisata turut urun rembug ide dan gagasan. Termasuk mengingatkan dinas terkait soal aksesibilitas dan amenitas di beberapa destinasi wisata.

Sedangkan Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Lampung, Abdul Rohman Wahid menekankan akan pentingnya pemuda dan masyarakat dalam pembangunan pariwisata di Lampung Timur.

“Pengembangan wisata di setiap daerah tak pernah lepas dari peran serta kesadaran masyarakat dan pemuda di daerah tersebut,” Wahid mengingatkan.

Peran media hari ini, menurut Wahid, juga sangat penting sebagai sarana sosialisasi obyek wisata yang efektif.

“Maka diharapkan, pembangunan wisata di Lampung Timur ke depan, seluruh elemen dapat bersinergi dan mampu bertanggungjawab atas daerahnya,” pungkas Wahid.

Baca juga:
* 20 Tempat Wisata di Lampung yang Populer dan Hits

Senada dengan yang lain, Bupati Lampung Timur pun berharap agar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bisa aktif kembali. Dan elemen masyarakat yang lain dapat bersinergi untuk menunjang percepatan pariwisata di Lampung Timur.

“Kepada tamu undangan, Pokdarwis, dan seluruh OPD, ke depan diharapkan dapat bersinergi guna percepatan kepariwisataan Lamtim,” Bupati mengimbau.

“Tunjukkan eksistensi wisata Lampung Timur, harus ada produk wisata yang punya nilai jual di luar.” Tegasnya. (rls)

(Sumber: GenPI Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here