Bikin Sendiri Es Selendang Mayang Asli Betawi, Dijamin Gampang!

Sumber Foto : shopee.co.id

Sobat Genpi pernah mendengar es selendang mayang? Atau, jangan – jangan Sobat Genpi sudah pernah mencicipi minuman unik asli Betawi tersebut? Ya, es selendang mayang memang begitu unik, selain namanya yang tercipta karena tiap lapisan terdiri dari beberapa warna, penyajiannya pun terlebih dahulu memotong memanjang menggunakan bambu secara tipis seperti sebuah selendang. Kini, es selendang mayang sudah sangat jarang ditemui, tetapi bukan berarti harapanmu untuk menyantap es warna – warni ini telah pupus. Kamu bisa membuat sendiri es selendang mayang dengan cara yang gampang untuk dicoba. Penasaran? Selengkapnya baca sampai akhir ya!

Es selendang mayang merupakan minuman khas Betawi yang begitu segar. Terbuat dari bahan utama yang terdiri dari tepung beras dan tepung hunkwe, selanjutnya diberi pewarna makanan merah dan hijau kemudian diguyur dengan santan, sirup, dan es batu. Penyebutan es selendang mayang juga terbukti sangat unik dan gampang diingat ya Sobat Genpi. Karena kata selendang bermakna warna-warni es selendang mayang layaknya selendang penari, kemudian kata mayang merujuk kata manis dan lembut oleh orang Betawi. Tidak salah lagi jika es selendang mayang banyak diincar orang dan menjadi menu wajib pelepas dahaga.

Kini, es selendang mayang semakin langka dan jarang ditemukan. Alasannya karena berkurangnya pembuat yang menjajakan es selendang mayang. Padahal, semenjak dipopulerkan dari tahun 1945-an, jajanan ini sempat populer dan menjadi primadona bagi masyarakat sekitar. Cara menjajakannya pun cukup dipikul dan pedagang akan berkeliling kampung menjual es selendang mayang. Kendati demikian, Sobat Genpi bisa mencoba sendiri membuat es selendang mayang yang rasa dan teksturnya tidak kalah yang ada di pasaran. Berikut adalah resep selengkapnya.

  1. Bahan – bahan dalam pembuatan es selendang mayang

Dikutip dari Idntimes.com dan resepkoki.id, untuk menciptakan es selendang mayang yang mantap, Sobat Genpi perlu menyiapkan bahan – bahan yang terdiri dari bahan utama, bahan saus gula, dan bahan tambahan. Bahan utama terdiri dari 50 gram tepung beras, 150 gram tepung hunkwe, vanili, pewarna makanan hijau dan merah, serta air secukupnya. Kemudian, bahan saus gula terdiri dari 200 gram gula merah, 500 ml santan, 1 helai daun pandan, garam, dan air matang secukupnya. Supaya tambah segar, siapkan bahan tambahan yang terdiri dari es batu secukupnya.

  • Yuk, bikin kuahnya terlebih dahulu

Es selendang mayang tidak lengkap kalau tidak disajikan dengan kuah santan yang gurih. Bahan – bahan yang perlu kamu siapkan seperti 500 ml santan dan garam secukupnya. Siapkan panci, kemudian tuang larutan santan dan garam secukupnya, aduk – aduk hingga merata. Jika sudah mendidih, matikan dan diamkan sejenak hingga mencapai suhu ruangan.

  • Kuah sudah siap saatnya mencampur bahan utama

Jika rebusan kuah sudah dimasak. Kini saatnya Sobat Genpi membuat bahan utama es selendang mayang yang terdiri dari kue kenyal berwarna – warni. Dalam wadah mangkok, campurkan bahan utama seperti 50 gram tepung beras, 150 gram tepung hunkwe, vanili, dan 1 liter air matang. Aduk sampai merata dan bagi adonan menjadi 3 bagian sesuai warna merah, hijau, dan sisanya biarkan berwarna putih.

  • Memasak adonan 3 warna

 Selanjutnya, masaklah secara bergilir ketiga adonan berwarna tersebut kedalam sebuah panci dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup – letup. Teruslah mengaduk dan jaga agar tidak gosong, ya! Masing – masing adonan yang sudah masak, kemudian dituang dalam loyang yang sebelumnya telah diberi alas plastik, lalu sisihkan. Tips dari Genpi, kamu bisa menggunakan loyang tahan panas seperti berbahan pyrex atau bisa juga menggunakan loyang alumunium.

  • Tak lengkap tanpa saus gula

Segarnya es selendang mayang semakin lengkap apabila disajikan dengan saus gula. Langkah pertama adalah siapkan panci, tuang semua bahan saus gula yang terdiri dari 200 gram gula merah, 500 ml santan, 1 helai daun pandan, garam dan air matang secukupnya, kemudian aduk – aduk hingga meletup – letup dengan api kecil. Jika sudah masak, sisihkan.

  • Saatnya menyajikan es selendang mayang

Setelah semua bahan sudah selesai dimasak. Kini saatnya kamu menyajikan es selendang mayang. Pertama – tama keluarkan selendang mayang dari loyang kemudian potong – potong secara memanjang, selanjutnya tata selendang mayang dalam gelas saji, kemudian tuanglah kuah santan, sirup, dan tak lupa es batu secukupnya. Taraaa! Es selendang mayang bikinanmu sudah siap untuk dicoba.

Bagaimana Sobat Genpi? Mudah, bukan cara membuatnya? Dengan bahan – bahan yang gampang didapatkan dan proses pembuatan yang tak perlu memakan waktu lama, kamu bisa mencoba sendiri membuat es selendang mayang. Tentunya, cara ini bisa mengobati rasa penasaranmu akan rasa dan tekstur dari es selendang mayang yang melegenda. Selamat mencoba!

Sumber:

https://www.idntimes.com/food/recipe/naufal-al-rahman-1/resep-es-selendang-mayang

Ditulis oleh Lukman Hakim, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Program Internship Genpinas tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here