Bersantai di Rumah Teh Eropa-Jawa Ndoro Donker Karangnyar

Pergi ke lereng Lawu untuk muncak jangan lupa mampir dispot berikut, Sobat. Yuk coba nge-chill di Rumah Teh Ndoro Donker yang ada di tengah hamparan kebun teh Kemuning yang sangat asri.

Apalah arti berlalu lalang di kebun teh tanpa menyesap teh yang ada di Kemuning. Lelah habis nanjak dari Gunung Lawu atau Candi Cetho jangan buru-buru turun dulu ya. Singgahlah di Rumah Teh Ndoro Donker, atau Sobat akan menyesal!

Sobat Genpi, selain menyuguhkan teh yang begitu menyegarkan, tempat ini memanjakan kita dengan ornamen-ornamen khas Eropa yang dipadukan dengan suasana pedesaan Jawa. Bahkan, musik-musik yang diputar di sini kebanyakan musik klasik seperti Fure Elise karya Ludwig van Beethoven. Alunan biola komponis itu makin membawa kita ke atmosfer Eropa pada zaman itu. Seperti sedang diajak menyusuri kenangan masa lampau.

Dulunya, tempat ini adalah rumah pemilik kebun teh milik perkebunan Belanda yang didirikan pada tahun 1700-an. Setelah lama tak dihuni, beberapa tahun lalu, rumah ini disewakan untuk dijadikan tempat bersantai minum teh. Rumah teh ini kerap dijadikan tujuan oleh pecinta teh, rombongan keluarga, wisatawan, orang yang lagi kencan, dan quality time dengan teman-teman. Minum teh di sini rasanya seperti di rumah sendiri, Sobat.

Ndoro Donker yaitu seorang ahli tanaman berkebangsaan Belanda yang dulunya tinggal di Kemuning. Beliau sangat dihormati dan dicintai karena gemar berbagi ilmu mengenai tanaman kepada warga sekitar. Cinta itu dibalas dengan pengabdian sepanjang sisa hidupnya.

Sobat Genpi, ragam pilihan teh di Ndoro Donker yaitu Teh Hijau Kemuning, Teh Hitam Donker, Teh Aroma Inggris (Earl Grey, Camomile, Lady Grey, Mint, Passion Fruit), Teh Raja, Teh Putih, dan masih banyak lagi yang disajikan dalam cangkir maupun teko. Harganya berkisar 10-55 ribu rupiah. Cocok banget nih buat ngangetin badan sama ngademin pikir! Berbincang-bincang sambil mandangin kebun teh pun bisa dilakukan di sini.

Nggak cuma bisa ngeteh, Ndoro Donker juga menyediakan aneka olahan makanan: nasi goreng, kare ayam, mie goreng, aneka steak, dan lain-lain. Selain makanan berat, ada juga bermacam-macam snack: ketela madu wijen, timus isi keju, pisang panggang, tahu goreng, tempe goreng, dan sebagainya.

Rumah Teh Ndoro Donker terletak di Jalan Afdeling Kemuning No 18 Kemuning, Karanganyar. Sobat bisa berkunjung sekitar pukul 10.00-18.00 WIB ya. Tempat yang luas ini memiliki banyak ruangan yang memiliki konsep berbeda-beda. Jadi, jangan takut menjadi bosan bila berkunjung ke sini berkali-kali!

Sobat, tertarik bersantai menyesap teh di tempat yang bernuansa Eropa-Jawa ini? Oiya, tiap sudut rumah ini dan pekarangan belakang merupakan spot selfie yang recommended banget loh! Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, pacar, atau siapa saja yang hendak mencari kedamaian. Sepulang dari Ndoro Donker, dijamin akan rindu tempat ini dan berniat balik lagi. Nggak percaya? Coba saja.

(Kontributor Lena Sutanti, Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro, Program Internship Genpinas tahun 2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here