Ayo Berpetualang ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), di Halmahera, Maluku Utara, kini bukan lagi nama kawasan konservasi yang asing di telinga kita. Keanekaragaman hayati yang dimiliki kawasan ini tak perlu diragukan lagi. Sebagai wilayah yang masuk dalam garis Wallacea, taman nasional ini menjadi incaran bagi para peneliti dari berbagai belahan dunia.

Taman Nasional Aketajawe-Lolobata yang menempati lahan seluas 167.300 hektare ini, masuk dalam wilayah administratif 3 kabupaten; yaitu Halmahera Tengah, Halmahera Timur, dan Kota Tidore Kepulauan.

Lihat Videonya di bagian akhir artikel ya.

Baca juga:
* Serunya Famtrip Blogger Vlogger Asia Tenggara di Morotai

Menjadi habitat 106 spesies burung, termasuk 23 diantaranya adalah spesies burung endemik, TNAL dianggap penting bagi keselamatan burung endemik tersebut.

Kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata - Halmahera - Maluku Utara
Hutan, gunung, sungai yang bergitu alami di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Halmahera, Maluku Utara. (Foto: Opan Jacky)

Kawasan konservasi yang dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 2004 ini, juga tercatat memiliki sejumlah wisata alam terekstrim di Indonesia versi Tempo.co.

Bagi para petualang dan pencinta wisata alam di Indonesia, Taman Nasional Aketajawe Lolobata merupakan kawasan yang masuk dalam daftar prioritas kunjungan mereka.

burung endemik Maluku Utara - maskot Taman Nasional Aketajawe Lolobata - opan jacky
Burung Bidadari Halmahera, endemik Maluku Utara dan menjadi maskot TNAL, (Foto: Opan Jacky )
burung bidadari halmahera di kawasan TNAL - opan jacky
Burung Bidadari Halmahera di antar ranting dan dedaunan TNAL. (Foto: Opan Jacky)

Dalam Taman Nasional ini, banyak sekali tempat indah dan unik yang belum terjamah dan terindentifikasi. Bagi para peneliti dan petualang, ini menjadi semcam tantangan tersendiri untuk selalu tetap mencari, menemukan dan mengidentifikasi sesuatu hal yang dianggap belum pernah ditemukan oleh orang lain di dalam kawasan ini.

Beberapa temuan-temuan besar pada abad ini juga tercatat disini. Temuan-temuan tersebut sempat menggegerkan dunia pengetahuan.

Catatan “Alfred Russel Wallace” menyebutkan bahwa kawasan ini masih menyimpan berjuta misteri yang belum terkuak.

Dari catatan inilah sehingga mendorong banyak peneliti, petualang dan para pemburu berita untuk datang dan mengeksplorasi kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Di dalam kawasan TNAL ini ada sejumlah gua yang bisa dieksplorasi. Seperti Gua JPG, Gua Tata, Gua Melisa, dan Gua Totangu.

Bahkan kalau beruntung, kamu bisa bertemu warga suku Tobelo Dalam yang tinggalnya memang di dalam kawasan taman nasional.

ngecamp di tepian sungai di TNAL
Ngecamp di tepian sungai di TNAL. (Foto: Opan Jacky)

Untuk mengunjungi kawasan ini, anda harus benar-benar membuat rencana yang matang dan mempersiapkan segala keperluan anda selama berada didalam hutan taman nasional ini.

Bila anda berniat untuk berkunjung ke Aketajawe Lolobata, berikut ini rute yang harus ditempuh untuk menuju ke kawasan TNAL.

Dari Jakarta, anda bisa menggunakan penerbangan langsung Jakarta – Ternate. Tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, anda harus menuju ke Pelabuhan Semut Mangga Dua Ternate untuk menumpangi Spid boat reguler yang selalu tersedia selama 24 jam.

Dengan menumpangi Spid boat selama 30 menit, anda tiba di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara.

Air terjun di Taman Nasional Aketajawe Lolobata
Air terjun di Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (Foto: Opan Jacky)

Terdapat dua resort di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata yang merupakan tempat favorit bagi wisatawan, yaitu resort Akejawi dan resort Tayawi. Jarak dan waktu tempuh dua resort ini sama, yaitu berkisar 1,5 jam perjalanan.

Sebelum memulai perjalanan anda, kami sarankan sebaiknya anda singgah dulu ke Kantor Balai TNAL yang berada tidak jauh dari pelabuhan Spid boat Sofifi. Tujuannya agar mengetahui potensi dan daya tarik apa saja yang ada di 2 resort ini.

Baca juga:
* Cantiknya Geosite Sipinsur yang Dikunjungi Presiden Jokowi

Gimana Sobat wisata, apakah cukup jelas penjelasannya??

Nah, kalau sudah jelas! Tunggu apa lagi?

Ayo datang dan nikmati keindahan alam serta rasakan sensasi berpetualang di Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Kontributor: Opan Jacky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here