Berburu Oleh-Oleh di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan

Menginjakkan kaki di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur tidak lengkap rasanya apabila belum mampir di Pasar Inpres Kebun Sayur. Sobat Genpi, jangan salah! Meski namanya ‘Kebun Sayur’, pasar ini bukan tempat menjual sayur-sayuran, lho!

Pasar yang terletak di Jalan Letjen Suprapto ini dulunya merupakan kebun kangkung dan kawasan perumahan etnis Tionghoa. Nah, pada tahun 1981 Presiden Suharto mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) membangun pasar untuk menampung pedagang dari Pasar Pandansari dan Pasar Blauran Kebun Sayur yang terbakar. Jadi, begitu ceritanya, Sobat. Yuk, sekarang intip apa saja yang ada di Pasar Inpres Kebun Sayur!

Pernak-Pernik Khas Dayak
Sobat Genpi pasti tidak asing lagi dengan berbagai kerajinan yang berasal dari manik-manik khas Kalimantan Timur, kan? Di sini kalian dapat memborong kalung, tas, baju, dompet, gelang, ikat kepala dari manik-manik, perisai, gantungan kunci, dan lain-lain.

Kaos Balikpapan dan Aneka Kain
Wah, tentunya kita ingin membawakan oleh-oleh untuk sahabat atau keluarga sepulang dari Kalimantan Timur. Tepat sekali bila Sobat mengunjungi Pasar Inpres Kebun Sayur karena tersedia beragam kaos bertuliskan Balikpapan dan Kalimantan Timur. Tak lupa, kita bisa menemukan kain-kain tenun, maupun kain motif untuk dijadikan pakaian di pasar ini.

Bermacam-Macam Batu Akik
Di sini, Sobat Genpi pedagang menawarkan berbagai jenis batu akik untuk dijadikan perhiasan, seperti cincin, liontin, dan anting. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tak heran, banyak kolektor yang menyempatkan datang ke Pasar Inpres Kebun Sayur untuk menambah koleksi batu akiknya.

Tersedia Aneka Berlian
Berlian-berlian yang dijual di sini berasal dari Afrika dan Sri Lanka. Harga berlian ditentukan dari kualitas karat dari berlian itu sendiri.

Pasar Inpres Kebun Sayur di Balikpapan, Kalimantan Timur merupakan destinasi belanja yang wajib untuk dikunjungi siapapun. Oiya, Pasar Inpres Kebun Sayur buka mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WITA. Jangan sampai Sobat datang terlalu sore, apalagi melewatkan berburu oleh-oleh dan merasakan sensasi tawar menawar di sini!

(Ditulis oleh Lena Sutanti, Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro, Program Internship Genpinas tahun 2020)

Referensi:
https://kaltim.idntimes.com/travel/destination/melani-indra-hapsari/pasar-inpres-kebun-sayur-surga-belanja-akik-dan-oleh-oleh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here