Kalimantan Tengah, sebuah provinsi yang berada di tengah Pulau Borneo. Beribukota di Palangkaraya, provinsi ini memiliki segudang kuliner sedap dan unik yang wajib kamu coba. Tanpa berlama-lama, ini dia beberapa kuliner yang wajib dijajal pada pusat kota Suku Dayak ini !

Juhu Umbut Rotan

Kalau ditempat lain rotan merupakan bahan dasar furniture kayu, di Kalimantan Tengah kamu akan menemuinya menjadi bahan dasar makanan. Ya, namanya Juhu Umbut Rotan. Pada makanan ini, bagian rotan yang diambil adalah ‘umbut’nya atau tunas muda dari kayu rotan. Hampir mirip seperti olahan rebung, umbut rotan ini direbus dan dimasak menjadi sayur yang rasanya gurih dan sedikit pahit. Biasanya, Juhu Umbut Rotan ini makin nikmat disantap jika ditemani dengan ikan patin bakar !

Kalumpe

Masih berkutat di hidangan sayur, Kalimantan Tengah punya versi olahan sayur daun singkongnya sendiri ! Jika biasanya daun singkong hanya direbus dan dibumbui, Kalumpe, sayur khas Kalimantan Tengah ini mengharuskan daun singkong ditumbuk hingga halus baru dapat dibumbui dengan berbagai rempah dan juga santan. Wah terbayang kan rasa rempah dan santannya yang gurih?

Dami

Beralih dari sayur menuju lauk-pauk, Kalimantan Tengah punya banyak olahan lauk seperti yang satu ini. Terbuat dari kulit buah cempedak yang digoreng, makanan bernama Dami ini sangat cocok disantap bersama nasi hangat sebagai lauk. Walaupun kurang terkenal dikalangan turis, Dami selalu menjadi lauk wajib bagi Suku Dayak asal Kalimantan Tengah loh!

Bangamat

Para pecinta makanan unik pasti akan sangat senang mencoba olahan daging satu ini. Terbuat dari daging kelelawar hitam, makanan ekstrim ini menjadi makanan andalan Suku Dayak di Kalimantan Tengah. Setelah dibersihkan, daging kelelawar akan dimasak bersama sulur kelari dan rempah-rempah lainnya. Bangamat biasanya dihidangkan dengan rasa pedas yang menendang dari banyak cabai yang dimasukkan, wah kabar baik untuk para pecinta pedas!

Kenta

Sudah kenyang dengan makanan berat? Yuk beralih ke kudapan ala Kalimantan Tengah yang bernama Kenta. Kudapan khas Suku Dayak ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga pipih kemudian direndam selama satu jam dan disangrai hingga kering di atas tungku kayu. Saat disangrai, Kenta harus diaduk terus-menerus dengan kuat, jadi jangan membuat kudapan langka ini sendirian ya! Kenta biasanya dinikmati dengan seperangkat pelengkap rasa manis seperti gula merah dan parutan kelapa. Cocok banget kan buat pencuci mulut?

Keripik Kalakai

Berada di Kalimantan Tengah tidak akan lengkap rasanya jika belum membeli buah tangan satu ini. Benar sekali, Keripik Kelakai ! Keripik yang terkenal ini terbuat dari Kalakai, tanaman paku-pakuan yang tumbuh subur di tanah rawa Kabupaten Kapuas. Diolah dengan baluran tepung dan digoreng, membuat Keripik Kalakai ini sangat nikmat disantap di waktu santai. Selain nikmat, cemilan khas Palangkaraya ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah obat dari sakit kepala. Enak dan berkhasiat ya?

Wadi

Masih membahas oleh-oleh khas Borneo Tengah, kuliner ini diolah dengan cara fermentasi. Wadi, namanya. Kata ‘Wadi’ sendiri bermakna fermentasi. Tak heran jika oleh-oleh ini berupa daging ikan yang telah difermentasi berminggu-minggu di dalam sebuah guci atau tembikar. Difermentasi menggunakan garam, gula aren, dan olahan beras, membuat Wadi memiliki bau yang sangat tajam. Walaupun baunya tajam, Wadi tetap menjadi buah tangan yang sering diburu wisatawan lho ! Yuk buruan nyicip!

Itu tadi beberapa kuliner unik khas Kalimantan Tengah. Eits jangan salah ! Masih terdapat banyak kuliner-kuliner unik di tengah Pulau Borneo yang menunggumu untuk dieksplor.

Penasaran? Yuk buru kulinernya sekarang juga !

Sources:
https://id.wikipedia.org/wiki/Wadi_(makanan)
https://www.pikniktoday.com/2019/09/makanan-khas-sampit.html
https://www.daerahkita.com/artikel/112/keripik-kelakai-makanan-ringan-kalimantan-tengah

DItulis oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Pada Program Magang GENPINAS Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here