Kota Ternate memiliki destinasi wisata menarik yang tak perlu diragukan lagi. Keindahan laut, pulau, gunung dan benteng-benteng besar di pusat kota menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang dari berbagai mancanegara.

Tapi belum lengkap rasanya jika pergi ke Ternate tanpa mencicipi kuliner khas nya, sobat. Berikut ini kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Ternate.

Gohu Ikan (Sashimi ala Ternate)

Tidak hanya di Jepang, sajian menu ikan mentah juga bisa kamu temukan di Kota Ternate ini loh. Kata ‘Gohu’ yang berarti mentah juga merupakan makanan khas Sulawesi yang berupa rujak pepaya muda. Nah kalau di Ternate ini, gohu ikan berbahan dasar ikan tuna atau cakalang mentah yang dipadukan dengan bumbu rempah lainnya.

Cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Ikan tuna atau cakalang mentah yang sudah dipotong dadu dilumuri dengan perasan air jeruk atau lemon dan garam. Setelah meresap, berikan daun kemangi dan dicampur oleh rajangan kasar bawang merah dan irisan cabai rawit kemudian disiramkan minyak panas hingga gohu ikan siap disantap, sobat.

Meski berbahan dasar ikan mentah, menu satu ini tidak menimbulkan bau amis yang menyengat loh. Gohu ikan biasanya disantap dengan makanan khas Maluku lainnya seperti huda (roti sagu), papeda (bubur sagu), dan kasbi (singkong rebus). Paduan cita rasa asin, asam nan segar yang khas ini dapat kamu rasakan di tepian pesisir pantai yang ada di Ternate.

Ikan Komu Asar

Letak geografisnya yang disekelilingi oleh lautan luas, membuat provinsi Maluku banyak menyajikan kuliner khas berbahan dasar ikan. Selain gohu ikan, kuliner khas satu ini juga tak kalah favorit di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Ternate.

Olahan ikan yang paling sering ditemui di Maluku ini berbahan dasar ikan cakalang yang ditusuk dengan runcing nya bambu kemudian melalui proses memasak dengan cara pengasapan kurang lebih selama 3 jam. Ikan komu asar ini cocok disajikan dengan sambal colo-colo.

Sayur Lilin

Sayur Lilin merupakan jenis olahan sayur khas Ternate yang berbahan dasar terubuk atau tebu telur. Tanaman terubuk ini mudah ditemui di daerah pulau Halmahera. Tebu telur yang dimaksud berbeda dengan tebu yang biasa kita minum sari manisnya. Bentuknya yang panjang dan bulat membuat sayur ini lebih dikenal sebagai sayur lilin. Olahan sayur ini biasanya disajikan dengan kuah santan atau kuah kuning. Selain itu bisa juga digoreng dengan balutan tepung dan telur.

Olahan Camilan Kenari

Maluku Utara terkenal akan budidaya pohon kenari nya. Hasil panen kenari yang melimpah, membuat camilan berbahan dasar kenari mudah untuk ditemukan di provinsi Maluku Utara ini, khususnya di Ternate. Terdapat beberapa olahan kenari yang banyak ditemui di Ternate seperti bagea, halua kenari, roti kering kenari dan masih banyak lagi kue lainnya.

Bagea merupakan olahan biji kenari yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung sagu, gula, air, cengkeh, dan kayu manis hingga halus. Setelah itu adonan Bagea yang sudah dicetak dengan tabung kecil, dimasukkan ke dalam pemanggangan tradisional.

Sama dengan Bagea yang memiliki cita rasa manis, halua juga berbahan dasar buah kenari namun proses pembuatannya lebih mudah. Kenari yang dipanggang, dicampur dengan gula merah dan kentalnya caramel yang sudah dipanaskan. Halua kenari berbentuk tak beraturan dan memiliki tekstur gurih.

Pisang Goreng Mulut Bebek ditemani dengan Air Guraka

Mungkin sajian pisang goreng sudah tak asing lagi ya di Indonesia ini. Tapi di Ternate ada yang unik dan lain loh dari sajian pisang goreng pada umumnya sobat. Bentuknya yang tipis dan memanjang memang sekilas mirip dengan paruh bebek, itulah mengapa pisang goreng ini dikenal sebagai pisang goreng mulut bebek. Jenis pisang asli Maluku Utara ini di goreng tipis mengikuti bentuk pisang tanpa tepung. Biasanya sajian ini paling nikmat jika ditemani dengan sambal colo-colo dan hangatnya air guraka.

Air guraka sendiri merupakan minuman khas Maluku Utara yang banyak ditemui jika kamu berkunjung ke Pulau Ternate dan Pulang Halmahera. Air guraka merupakan perpaduan dari rebusan air jahe, gula, dan juga irisan kenari. Hangatnya jahe, manisnya gula dan kenari sangat pas menemani senja dan malammu di Pulau Ternate.

Bagaimana sobat? Beragam sekali ya cita rasa kuliner di Ternate? Ingatkan dirimu untuk mencicipinya ya jika berkunjung!

Ditulis oleh Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Program Genpinas 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here