Bandung Light Festival, Kemeriahan Tiap Tahun Kota Bandung

Advertisement
Bandung Light Festival 2019 (sumber: house-indonesia.com)

Tiap tahunnya, Kota Bandung selalu dimeriahkan dengan puncak peringatan Hari Ulang Tahun dari kota ini. Pemerintah Daerah bersama Kementerian Pariwisata, masyarakat, dan seniman akan memeriahkan suatu acara. Acara itu bernama Bandung Light Festival.

Bandung Light Festival merupakan festival budaya yang menjadi rangkaian penutup dalam acara HUT Kota Bandung ke-208 tahun 2018. Bandung Light Festival akan menjadi ikon terbaru Kota Bandung dalam memperingati hari jadinya itu. Gemerlap dan meriahnya acara ini semakin memeriahkan acara tahunan yang diadakan malam hari itu.

Pada tahun 2018, Bandung Light Festival memilih tema ‘Legenda 1001 Malam’. Kendaraan hias dan anggota peserta karnaval akan memakai berbagai dekorasi yang berhubungan dengan legenda ternama, 1001 malam. Tema yang diusung terinspirasi dari budaya Timur Tengah.

Tokoh-tokoh seperti Aladdin, Jasmine, Abu Nawas, hingga Cleopatra hadir pada festival ini. Mulai dari musik hingga dekorasi ala Timur Tengah semakin mewarnai acara. Ribuan pengunjung tumpah ruah di jalan untuk menyaksikan acara tersebut.

Selain tokoh-tokoh tersebut, banyak kendaraan yang dihias sedemikian rupa agar sesuai dengan tema ‘Legenda 1001 Malam’. Tiap tahunnya, peserta maupun pengunjung acara ini pasti akan meningkat.

Mulai pukul 19.00 WIB, masyarakat akan turun ke jalan untuk memulai acara. Rute yang biasanya dilalui untuk iring-iringan kendaraan hias biasanya melewati jalan pusat kota. Lalu akan berakhir di jalan Asia Afrika Bandung.

Bagi para pecinta seni, dalam acara tahunan HUT Kota Bandung juga berlangsung pameran seni rupa bertema Ikebana. Ikebana adalah seni merangkai bunga khas Jepang. Sederet seniman dari luar maupun dalam negeri akan menampilkan hasil karya seninya di Lawangwangu Creative Space, Bandung.

Selain dari Bandung Light Festival yang mayoritas bertemakan seni, ada pula acara Day & Night at The Museum yang diadakan di Museum Geologi. Biasanya akan diadakan diskusi soal bencana oleh para pakar gempa dan ahli bangunan.

Para penggemar motor juga tidak perlu khawatir! Ada acara kumpul tahunan pemakai motor se-Indonesia yang digelar di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Acara ini dimeriahkan oleh pecinta motor se-Indonesia.

Setelah puas menyaksikan kreativitas yang disuguhkan, para pengunjung juga dapat menyantap aneka makanan dalam Bandung Halal Culinary. Seperti namanya, festival kuliner ini akan menyajikan berbagai aneka masakan halal nusantara maupun luar negeri. Acara ini diadakan di sepanjang Jl. Ir. Sukarno.

Namun sayang sekali, kemeriahan Bandung Light Festival terakhir dijumpai pada tahun 2018. Hal ini karena pergantian suasana penyelenggaraan festival. Pada tahun 2019, puncak perayaan HUT Kota Bandung diselenggarakan dengan tema Glow Art Festival 2019.

Glow Art Festival 2019 (sumber: pikiran-rakyat.com)

Sejumlah perubahan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Salah satu penyebab konsep baru dalam puncak perayaan HUT Kota Bandung ini adalah untuk menghindari kemacetan.

Hal ini dikarenakan pada tahun lalu, Bandung Light Festival memuat karnaval yang melewati sejumlah ruas jalan, bahkan ke pusat kota. Hal ini berdampak pada kemacetan yang tidak dapat dihindarkan. 

Penulis: Nabila Cahya Pramita. Universitas Diponegoro. Peserta Magang Genpinas 2021

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here