Bandara Sepinggan – Balikpapan, Bandara Elit dengan Penghargaan Bergengsi

Siapa sangka bahwa bandara yang umumnya hanya digunakan untuk tempat mendarat dan lepas landas pesawat bisa memiliki pesona dan daya tarik bagi penumpangnya? Kondisi seperti itulah yang menggambarkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan-Balikpapan yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero). Nama bandara yang satu ini sangat mentereng beberapa tahun terakhir karena pernah menyabet beberapa penghargaan internasional, salah satunya The Annual Airport Service Quality (ASQ) Awards 2018 dan 2019 dari Airport Council International (ACI) untuk kategori:

  1. Best Airport in Asia Pasific,
  2. Best Environment and Ambience by size,
  3. Best Customer Service, dan
  4. Best Infrastructure and Facilitation.

Bandara Sepinggan berlokasi di Jalan Marsma, R. Iswahyudi, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur 76115. Ukiran dan ornamen khas kalimantan yang menghiasi kawasan ini selalu memikat penumpang yang datang. Selain itu, tempat ini juga menghadirkan berbagai fasilitas modern dan unik dengan kombinasi budaya Kalimantan yang siap memanjakan penumpangnya.

Arsitekturnya Mengadopsi Konsep Bangunan Ramah Lingkungan

Mungkin faktor inilah yang menjadi pendorong Bandara Sepinggan meraih ‘Best Environment and Ambience by size’ dua tahun berturut-turut. Pembangunannya yang mengedepankan pengurangan konsumsi energi dan memperkenalkan konservasi air patut dicontoh oleh pembagunan bandara di Indonesia ke depannya.

Hadirnya Toilet 3D dan Airport Cinema

Latar belakang toilet di bandara ini yang disulap menjadi berbagai pemandangan alam Kalimantan selalu membuat pengunjung terkagum-kagum. Kesempatan ini tentunya dimanfaatkan oleh penumpang untuk berswafoto. Keren, bukan?

Tak hanya itu apabila penumpang mengalami penundaan penerbangan atau mungkin ingin sekadar mengisi ‘kegabutan’ selama berada di bandara penumpang bisa mendatangi Airport Cinema. Di sini penumpang dapat menyaksikan berbagai film box office secara cuma-cuma alias ‘gratis’. Jam tayangnya sendiri berbeda-beda mulai dari pukul 09.00 – 11.00, 09.00-11.00, 15.00-17.00, dan berakhir di 19.00-21.00 WITA. Ayo siapa yang mau ke sini?

Ada Layanan Penumpang Berkebutuhan Khusus

Layanan ini diperuntukkan bagi penumpang hamil, lanjut usia, anak-anak usia 12 tahun tanpa pendamping, dan difabel. Melalui layanan ini penumpang akan dibantu dan diarahkan oleh petugas saat membutuhkan sesuatu yang penting selama berada di bandara.

Bermain di Kids Playground dan bersantai di Ruang Baca

Jika buah hati selalu ‘rewel’ saat di perjalanan, kali ini penumpang tidak usah bingung lagi karena di sini telah disediakan tempat bermain untuk anak-anak. Selain itu, penumpang yang membutuhkan ruangan untuk membaca sembari menunggu jadwal keberangkatan, bandara ini juga telah memfasilitasi dengan pojok baca yang luas.

Gimana nyaman, bukan?
Kira-kira siapa yang sudah ke Bandara Sepinggan? Kalau belum ditunggu, ya.

Cherrio!!

[Kontak yang dapat dihubungi]

Telepon: +62 (0) 542 7577000
Faksimile: +62 (0) 542 766832
Hotline: 172
Email: cc172@ap1.co.id

Referensi

  1. [Website Resmi] Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. https://sepinggan-airport.com/en.
  2. El Hida R. (2017). Mengintip 6 Fasilitas Keren Bandara Sepinggan Balikpapan. Diakses pada 07 Oktober 2020 dalam laman https://www.liputan6.com/regional/read/3141192/mengintip-6-fasilitas-keren-bandara-sepinggan-balikpapan.

Artikel ini ditulis oleh Mardhatillah Ramadhan, Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan, pada program magang Genpinas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here