Asisten Google Berusia 5 tahun! Terus Berinovasi Untuk Membantu

Asisten Google merangkum semua teknologi yang telah dikerjakan Google bertahun-tahun. Mulai dari Knowledge Graph (Grafik Pengetahuan) hingga Natural Language Processing (Pemrosesan Bahasa Alami).

Advertisement
Google assistant 5 Anniversary copy

Google mengeluarkan layanan ‘Google Assistant’ 5 tahun lalu di tahun 2016. Saat itu terlihat aneh saat seseorang meminta bantuan ke perangkatnya.

Saat ini Google Assistant sudah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari jutaan orang di dunia. Asisten digital ini telah membantu miliaran pertanyaan, jutaan resep, miliaran pengingat, mengirim jutaan pesan, dan masih banyak lagi lainnya.

Itu semua cukup dari suaramu, bukan dari ketukan huruf-huruf di perangkat. Demikian dijelaskan dalam keterangan resmi tertulis dari Google, Kamis (14/10/2021).

Baca juga:
* Tren Penelusuran Masyarakat Indonesia Seputar COVID-19 di Google Periode 19-28 Juli 2021

Mulanya layanan banutuan ini hanya menawarkan 2 suara. Tersedia di speaker Google Home di Amerika Serikat yang mendukung bahasa Inggris. Serta di Jerman di ponsel Pixel.

Sekarang sudah jauh lebih banyak yang bisa menikmati bantuan digital ini. Tersedia di lebih dari 90 negara, Asisten Google sudah bisa mengenali hampir 30 bahasa, dan menawarkan 1o suara untuk dipilih.

Hebatnya, juga sudah tersedia di lebih dari 100juta perangkat rumah pintar. Termasuk lampu, termostat, dan sistem keamanan.

Sekarang kamu coba saja bertanya, “Hai Google, Selamat Ulang Tahun”. Atau coba katakan di ponselmu “Hai Google, berapa umur Anda?”.

Tidak berhenti sampai situ saja, untuk membuat penggunannya lebih senang. Google juga menambah beberapa fitur dan inovasi teknologi Asisstant Google yang siap membantu dan mewarnai harimu.

Asisten Google merangkum semua teknologi yang telah dikerjakan Google bertahun-tahun. Mulai dari Knowledge Graph (Grafik Pengetahuan) hingga Natural Language Processing (Pemrosesan Bahasa Alami).

Salah satu terobosan akhir-akhir ini adalah saat Google menerapkan BERT, Neural Transformer Revolusioner, yang ditemukan tahun 2018, ke percakapan Asisten.

Teknologi tersebut membantu Asisten memahami konteks dan dialog yang lebih panjang. Memungkinkanmu melakukan percakapan 2 arah yang lebih alami.

Sebagai contoh:

“Bantu saya bicara bahasa Inggris”

“Ceritakan fakta menarik”

Asisten Google ini tidak hanya bisa membuatmu mengakses banyak informasi dan pembelajaran melalui perintah suara. Juga bisa membantu berbagai hal-hal kecil di sekitar rumah. Bahkan di mana saja dan kapan saja kamu berada.

Di mana cafe terdekat?

Asisten akan membantumu merencanakan perjalananmu dan ketika kamu sedang berada dalam perjalanan.

“Hitung 20 dikali 3”

“Berapa seratus dikurang tiga”

“empat puluh dua dikali tiga”

Bahkan bisa juga menjawab pertanyaan rumit yang kamu berikan melalui suara.

happy birthday google assistant
Saat kami ucapkan “happy birthday google assistant”, dijawab: ‘i hope i’m only getting more helpful with age!

“Atur waktu 3 menit”

Di tahun 2020, ada banyak pencarian resep melalui Assistant. Bahkan meningkat 8 (delapan) kali lebih banyak dalam setahun terakhir. Karena adanya tren memasak selama di rumah.

Dan ternyata ‘roti pisang’ adalah resep yang paling sering, atau paling banyak, dicari melalui Asisten di seluruh dunia.

Karena memanggang roti membutuhkan waktu yang tepat, permintaan pengatur waktu (set timer) menjadi meningkat pula di tahun 2020.

Tambahkan les matematika ke kalender

Saat bekerja di rumah (worf from home) dan belajar dari rumah belanjut, banyak peran dan tugas yang harus kita lakukan sehari-harinya. Baik itu orang tua, karyawan, anak-anak, dan lainnya.

Baca juga:
* 7 Tips Tujuh Belasan di Rumah Bersama Google

Untuk membantu mengatur jadwal dan selesaikan tugas, kamu cukup katakan momen penting ke Asisten Google.

Google Assistant 5th Anniversary!! Selamat ulang tahun ke-5 Google Asistant!

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here