Apa Itu Genpi?

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berawal dari di 1 provinsi, dan sekarang sudah ada di 34 provinsi. Semakin hari semakin besar, belum tentu juga semua orang sudah mengetahui apa itu Genpi. Masih banyak yang bertanya apa itu Genpi, singkatan dari apa, komunitas apa.

Apa Itu Genpi?

Genpi adalah singkatan dari Generasi Pesona Indonesia. Sebuah komunitas yang terdiri dari netizen yang memiliki ketertarikan pada bidang pariwisata.

Kalau kamu suka traveling, piknik, jalan-jalan ke destinasi wisata, atau kulineran, cocok banget gabung bersama Genpi.

Bersifat relawan, komunitas Genpi terdiri dari banyak netizen yang hobi bermedia sosial. Dalam dunia off-line, mereka juga aktif dalam dunia traveling, fotografi, videografi, dan menulis.

apa itu genpi - Generasi Pesona Indonesia.jpg
Generasi Pesona Indonesia Lombok Sumbawa

Mengapa harus ber-Genpi?

Sama saat seperti berkomunitas dimana saja. Gabung di komunitas Genpi itu asik dan tidak kalah serunya. Banyak yang bilang serunya itu bisa punya banyak teman dari berbagai daerah dengan latar belakang berbeda.

Hal yang asik lainnya antara lain; kamu bisa tahu informasi paling update tentang pariwisata. Kamu bisa cepat tahu ada destinasi baru, ada kebijakan pemerintah terbaru. Juga acara-acara pariwisata Indonesia yang meriah dan spekta banget.

Kerana memiliki banyak teman dari banyak Genpi daerah, tentu saja kamu bisa udpate dan mengikuti berbagai macam progam dan lomba yang seru abis. Di beberapa lomba yang diadakan Genpi, hadiahnya lumayan menarik lho.

GenPI ada dimana?

Saat ini Genpi sudah ada di 34 provinsi. Boleh deh dibilang kalau genpi ada dimana-mana.

Misalkan kamu berasal dari Mataram dan sedang kuliah atau bekerja di Bandung, kamu bisa saja gabung di Genpi Lombok Sumbawa atau Genpi Jakarta. Yang penting kamu bisa enjoy dan asik disitu.

Apa yang dilakukan GenPI?

Generasi Pesona Indonesia memiliki banyak sekali kegiatan. Kegiatan yang paling sering adalah saling membantu promosi pariwisata daerah. Secara bergantian GenPi akan promosikan berbagai destinasi, budaya, kuliner, info akomodasi, dan info transportasi.

Hari ini membantu promosi daerah lain, besoknya bisa jadi promosi daerahmu. Seru kan bisa bantu promosi sekaligus mempelajari pariwisata daerah lain sambil bermain instagram, twitter, facebook, dan media sosial lain.

Selain sering memviralkan hal-hal positif terkait pariwisata, GenPI juga sering kumpul- kumpul membuat acara famtrip dan berpartisipasi di berbagai acara pariwisata daerah maupun nasional.

Targetnya GenPI apa?

Membantu promosi pariwisata daerah dan pariwisata nasional menjadi targetnya GenPI. Dengan tanpa disadari, kamu sudah bisa memberi manfaat untuk Indonesia dan daerah yang sedang kamu angkat pariwisatanya.

Sambil belajar mengenai pariwisata daerah lain, kamu juga akan turut mengenalkan daerah tersebut ke kawan-kawanmu. Begitupun sebaliknya, kawan-kawan Genpi daerah lain akan mengenalkan pariwisata daerahmu.

Dan serunya, GenPI juga berkolaborasi dengan banyak pihak di berbagai daerah dalam membangun apa yang disebut Menteri Pariwisata sebagai Destinasi Digital. Genpi bekerjasama dengan Pokdarwis, koperasi, karang taruna, serta bebagai komunitas yang ada di desa lainnya.

Genpi bisa memberikan creative value dan commercial value pada akhirnya di banyak tempat.

Spirit GenPI

Genpi itu siap berkawan dengan siapa saja di online dan bersahabat di Offline. Dengan semangat volunteer, anggota Generasi Pesona Indonesia berjejaring secara nasional.

Kamu semua adalah “merah putih” dan saling membantu serta saling mendukung antardaerah di Genpi. Dengan saling memberi manfaat kamu akan keren disini.

Kenapa harus di sektor pariwisata? Begini gaes asal kamu tahu, pariwisata itu adalah jalan paling cepat dalam menyejahterakan bangsa.

Sekadar info, saat ini pariwisata sudah menyumbang PDB no 2 untuk Indonesia. Pariwisata itu adalah masa depan Indonesia. Kamu anak muda (berjiwa muda) harus terlibat nih, membangun bangsa melalui pariwisata.

Apa Saya Bisa Gabung GenPI?

Jawabannya jelas, siapapun kamu boleh gabung dalam komunitas GenPI. Syaratnya mudah banget, yang penting kamu suka pariwisata dan aktif di media sosial. Kamu minimal kudu punya akun instagram, facebook, da twitter. Gampang banget kan?

Saya sibuk kuliah atau kerja, apa bisa gabung?

Kita faham banget dengan kesibukan kamu, apalagi kalau kamu lagi sibuk menabung buat melamar kekasih hati. Ya jangan kendor.

Kita ini hidup di era digital dan sudah borderless. Tidak bisa ketemuan offline, kamu bisa ketemuan secara online dengan kawan-kawan Genpi. Tidak pula terikat waktu.

Kamu tidak harus selalu mengikuti semua kegiatan Generasi Pesona Indonesia, tapi kamu bisa membantu viralkan hal-hal positif di media sosial.

Sibuk boleh, pariwisata jalan terus.

Apa Genpi punya kode etik?

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) memiliki kode etik yaitu; No Politik, No Hoax dan No SARA. Selain itu GenPI ketika bermedia sosial, ya berpegang pada etika dan literasi media

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here