“Alam Ruang Manusia”, Pameran Imersif di Tengah Pandemi

Dimasa pandemi seperti sekarang, pagelaran karya seni seperti seni pertunjukan,peran dan pameran jarang di buat. Sebab, adanya kebijakan yang mengharuskan untuk melakukan social distancing di setiap kegiatan, tak terkecuali di bidang seni.

Namun, baru – baru ini Direktorat Jendral Kebudayaan yang bekerja sama dengan Galeri Nasional menggelar sebuah pameran yang bertema “Alam Ruang Manusia”. Pameran ini merupakan cara Direktorat Jendral Kebudayaan untuk mengobati masyarakat yang rindu akan pameran lukisan secara langsung.

Pameran ini juga merupakan salah satu dari rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2020. Dalam pameran ini, pihak dari Direktorat Jendral Kebudayaan mengambil tokoh Affandi sebagai seniman yang karyanya akan di pamerkan pada tahun ini.

Pameran ini di laksanakan mulai dari 27 Oktober – 25 November 2020, di Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Dan yang menarik dari pameran kali ini, menggunakan 2 macam tipe pameran dan 2 tempat pameran.

Pertama, kalian akan di ajak untuk masuk kedalam ruangan yang luas dan di lengkapi dengan layar dan proyektor di dalamnya. Dalam ruangan tersebut, kalian akan suguhkan dengan pameran yang menggunakan video yang menampilkan karya – karya dari Affandi selama 30 menit.

Lalu, setelahnya kalian akan di ajak ke ruang kedua setelah tayangan tersebut selesai. Dalam ruangan tersebut kalian akan di suguhkan dengan lukisan karya affandi. Karya yang di tampilkan merupakan karya yang merupakan karya inti dari Affandi. Ada sekiranya 13 – 15 lukisan yang di pamerkan pada pameran tersebut.

Untuk waktu berkunjung sendiri, pihak dari Galeri Nasional membagi kedalam 6 sesi setiap harinya dengan maksimal pengunjung 20 orang di setiap sesinya. dalam setiap sesinya, mereka hanya memberi waktu 60 menit untuk para pengujung menikmarti karya Affandi yang di pamerkan.

Bagi kalian yang tertarik dan kangen akan pameran secara offline, kalian bisa langsung registrasi di website (www.pkn.id). Dengan memilih pameran yang kalian ingin datangi lalu konfirmasi melalui email dan kalian memilih tanggal dan waktu untuk kalian datang ke pameran tersebut.

Nah, bagi sobat Genpi jangan sampai ketinggalan untuk datang ke pameran “Alam Ruang Manusia” yang di selenggarkan oleh Direktorat Jendral Kebudayaan. Pameran ini terbuka sampe 25 November ini yaa sobat. Jadi,jangan sampai ketinggalan.

Ditulis oleh Lukman Nur Hakim, Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Program Internship Genpinas tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here