“Aksinergi” Jadi Tema Rakornas Genpi 2021, Sebagai Upaya Bangkitkan Parekraf Pasca Pandemi

Advertisement

Mataram, NTB. Usai gelar Pra Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Rabu (27/10. 2021), ketokan palu pelaksanaan dan venue Rakornas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) telah final. . Rapat melalui zoom ini dihadiri oleh Perwakilan Pengurus GenPi Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota, dimana salah satu poin yang diputuskan yaitu menetapkan Kota Mataram dan Kawasan Mandalika Lombok, sebagai lokasi Rakornas 2021. Adapun pelaksanaan rakornas akan berlangsung pada tanggal 12 sampai 14 November 2021.

Dalam rangka menyambut tahun 2022 serta turut menyebarkan semangat Optimis Bergerak pada setiap insan pariwisata Indonesia, Rakornas GenPI 2021 mengangkat tema AKSINERGI. Tema ini diambil mengingat pentingnya bergerak bersama demi percepatan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia pasca pandemi. Kehadiran program ini diharapkan dapat mendapatkan masukan-masukan dari seluruh daerah untuk menyusun strategi percepatan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia pasca pandemi, serta menjadi program kerja GenPI pada tahun berikutnya.

Rangkaian tiga hari pelaksanaan rakornas berkonsep hybrid, dengan venue utama Hotel Aston Inn Mataram. Peserta offline dibatasi dan wajib melaksanakan prosedur protokol kesehatan dan disupervisi satgas covid. Peserta online akan bergabung dari seluruh Indonesia serta disiarkan langsung melalui akun sosial media official GenPI.

Rakornas Genpi 2021 akan terbagi menjadi 3 agenda utama, yakni dimulai dengan webinar di hari pertama. Di hari kedua, dilanjutkan dengan Rapat Pengurus Nasional beserta Pengurus Provinsi, Kabupaten/Kota, serta Rapat Tertutup Sosialisasi Program Genpi pada tahun 2022. Terakhir, Famtrip dengan agenda utama menonton langsung IATC dan kunjungan ke desa-desa wisata di Lombok.

Pada hari pertama kegiatan, Jumat (12/11) seluruh peserta yang telah tiba di lokasi akan disambut dengan Welcome Dinne. Dinner dikemas dengan diskusi informal dari Pengurus GenPI Nasional bersama peserta dan undangan yang hadir. Masih di acara yang sama, akan ada sharing session dari tamu undangan.

Di hari kedua, Sabtu (13/11), akan diadakan pembukaan Rakornas GenPI 2021 yang dihadiri oleh beberapa tamu undangan, lalu dilanjutkan dengan sesi Webinar. Webinar kali ini menghadirkan narasumber yang sangat istimewa. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Shalahuddin Uno akan menjadi Keynote Speaker dan pada sesi diskusi akan menghadirkan narasumber, Martini M.Paham (Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf RI), Rhodiul Huda (Wakil Bupati Natuna), Rizanto Binol (Tourism Branding Expert) dan Ghera Nugraha (Sekretaris Umum GenPI Nasional). Webinar akan dipandu langsung oleh Siti Chotijah (Ketua GenPI Nasional).

Kegiatan Rakornas GenPI 2021, juga akan diisi dengan Famtrip, Minggu (14/11, 2021). Destinasi utama, peserta akan diajak menonton secara langsung gelaran Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah.

Keseluruhan rangkaian Rakornas GenPI 2021 terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak. Utamanya Kemenparekraf RI, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Polda Nusa Tenggara Barat. Selain itu berbagai sponsor juga turut berpartisipasi menyukseskan, diantaranya : Eiger, Sasaku, Relax and Co, Sate Rembiga Goyang Lidah, Rumah Bakso Mataram, Warung Banjar Mataram, Nutsafir Cookies Lombok dan berbagai sponsor lainnya yang akan mensupport selama acara.

Harapan utama pada Rakornas 2021 ini adalah GenPI dapat melakukan AKSINERGI, bergerak bersama dengan berbagai komunitas dan juga stakeholder untuk berperan aktif dalam mendukung kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya pasca pandemi covid 19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Rakornas kali ini selain menjadi forum komunikasi dari internal GenPI di 34 provinsi dan 210 kabupaten/kota, juga menjadi forum AKSINERGI dengan lebih dari 40 komunitas dan media partner dari seluruh Indonesia. Selain itu Rakornas GenPI 2021 menjadi momentum mendukung dan mensukseskan terselenggaranya event World Super Bike dan Moto GP. Dua event internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia, khususnya Mandalika Lombok.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here