Air Terjun Sipiso-Piso, Tingginya 120 Meter!

Advertisement
foto gambar air terjun sipiso-piso - sumatera utara - pegipegi.com shutterstock
Air Terjun Sipis-Piso yang begitu megah, indah, memesona. (Sumber foto: pegipegi.com/ shutterstock)

Air Terjun Sipiso-piso – Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata favorit jika berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara. Sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, ternyata daerah kawasan Danau Toba juga terdapat salah satu destinasi wisata air terjun yang wajib dikunjungi.

Hingga kini pemerintah setempat tengah memaksimalkan potensi destinasi tersebut sebagai objek wisata di Provinsi Sumatera Utara. Berbagai pembenahan dilakukan bersama pihak terkait untuk dapat mendatangkan banyak pengunjung.

Tempat itu adalah Air Terjun Sipiso-piso yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter.

Baca juga:
* Cantiknya Geosite Sipinsur yang Dikunjungi Presiden Jokowi

Video

Lokasi

Air Terjun Sipiso-piso terletak di kawasan Danau Toba. Tepatnya berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Berada di ketinggian sekitar 1.300 mdpl, membuat udara di sini terasa sejuk sekali.

Letaknya sekitar 2,5 kilometer dari ujung Barat Daya Danau Toba.

Rute

cara menuju air terjun sipiso-piso - sumatera utara - @mlvsr13
(Foto: IG @mlvsr13)

Jika rute awal dari Kota Medan dapat menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe. Medan – Kabanjahe memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jarak tempuhnya sekitar 75 kilometer.

Sesampainya di Kota Kabanjahe perjalanan dilanjutkan ke arah utara menuju Desa Tongging. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 24 km.

Tiba di pintu masuk, kamu masih harus menuruni anak tangga agar dapat menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso dari dekat.

Adapun jumlah anak tangga yang harus dilalui sebanyak kurang lebih 500 anak tangga.

Kalau kamu merasa tidak kuat menuruni dan nanti menaiki anak tangga, masih terdapat pos pengamatan yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk.

Dari pos pengamatan kamu bisa bisa memandang air terjun ini dari kejauhan. Juga memandang keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir dari kejauhan.

Asal Kata Sipiso-piso

foto gambar air terjun sipisopiso - sumatera utara - @alamportibi
(Foto: IG @alamportibi)

Bagaimana asal mula air terjun ini dinamakan demikian? Apa hubungannya dengan pisau?

Air terjun ini dinamakan Sipiso-piso diambil dari nama sebuah gunung yang berlokasi di timur laut air terjun ini. Gunung tersebut bernama Dolok Sipisopiso.

Namun dari asal katanya yakni “Piso” yang berarti pisau. Nama tersebut diberikan oleh penduduk setempat karena air terjun ini jatuh dari puncak yang sangat tinggi.

Derasnya air terjun tersebut membuat air yang jatuh terlihat curam dan tajam seperti sebuah bilah pisau.

Termasuk Air Terjun Tertinggi di Indonesia

air terjun sipiso-piso - Todo Siregar
Tinggi jatuhan airnya sekitar 12o meter. Menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Sumatera dan di Indonesia. (Foto: Todo Siregar/googlemap)

Air Terjun Sipiso-piso ini termasuk menjadi salah satu air terjun tertinggi Indonesia yang berada di urutan keenam dengan ketinggian 120 meter. Berada di bawah Air Terjun Batang Kapas Provinsi Riau setinggi 133 meter dan Air Terjun Lembah Harau Provinsi Sumatera Barat dengan tinggi 150 meter.

Aliran dari air terjun ini berasal dari Sungai Pajanabolon. Yang jika diukur dari permukaan air laut, ketinggian air terjun ini bisa mencapai sekitar 1.300 meter.

Keindahan Air Terjun Sipiso-Piso

foto gambar air terjun sipiso-piso - sumatera utara - @adventurex.id
(Foto: IG @adventurex.id)

Saat berlibur kemari, kamu akan melihat bagaimana megahnya air terjun ini. Airnya jatuh dengan derasnya membentuk garis vertikal sempurna.

Dengan demikian air terjun ini termasuk kategori air terjun tipe Plunge.

Uniknya adalah, air terjun ini berasal dari aliran sungai bawah tanah. Yang kemudian keluar di sebuah gua di sisi kawah Danau Toba.

Dari gua tersebut aliran air langsung jatuh dan membentuk air terjun yang memesona ini.

Berwisata air di Air Terjun Sipiso-piso tentu akan terasa menyegarkan. Selain akan mendengar suara gemuruh air terjun, para pengunjung juga dapat melihat bukit-bukit yang menjuntai di sekeliling air terjun. Ditambah dengan pemandangan air terjun yang menyatu dengan hijaunya pohon pinus.

Menikmati keindahan pemandangan Air Terjun Sipiso-piso juga akan terasa lengkap dengan latar belakang Danau Toba. Disini pengunjung akan disuguhkan perpanduan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Berada di sini akan membuat kamu merasa tenang dan damai. Berada di tengah-tengah keindahan yang begitu luar biasa di depan mata.

Berada di sini waktu pagi, siang, atau sore akan memberikan suasana keindahan masing-masing.

Memandang air terjun ini dari dekat atau dari jauh, akan terlihat sama indahnya. Bedanya kalau dari dekat, kamu akan lebih merasakan sensasi berada di air terjun yang sangat tinggi.

Udara yang sejuk akan ditambah dengan butiran air terjun yang terbawa angin. Akan membuat tubuhnya merasa lebih adem.

Tantangan menikmati air terjun Sipisopiso dari dekat adalah perjalanan berjalan kakinya. Baik saat menuruni anak tangga dan menaikinya kembali saat akan pulang.

Banyak wisatawan yang harus beristirahat berkali-kali, saat turun dan naik.

Namun rasa lelah tersebut akan tergantikan dengan keindahan air terjun. Serta kenangan indah yang dibawa pulang.

Recommended

Air terjun ini begitu unik, indah, dan megah. Apalagi termasuk salah satu air terjun tertinggi di Sumatera dan di Indonesia.

Dengan alasan tersebut, recommended banget untuk berkunjung kemari. Luangkan berlibur kemari bersama keluarga atau kawan jalan.

Baca juga:
* Bukit Tarabunga Balige, Spot Foto Eksotis di Tobasa

Jadi, kapan rencana Anda mendatangi Air Terjun Sipiso-piso?

(Artikel air terjun Sipiso-piso ini ditulis oleh Amelia Dwinda Gusanti, Universitas Telkom, Program Magang Genpinas)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here