Berendam di Kehangatan Air Terjun Semolon di Malinau

Air Terjun Semolon Malinau Kalimantan Utara - jalan_jauh
Air Terjun Semolon di Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. Indah memukau. (Foto: IG @jalan_jauh)

Kabupaten Malinau di Kalimantan Utara menyimpan potensi wisata alam yang memesona. Terkendala dengan jarak, namun keindahan destinasi wisatanya layak untuk dinikmati.

Air Terjun Semolon adalah salah satu detinasi wisata unggulan yang dimiliki Malinau. Bentuknya indah bertingkat. Plus keunikan berupa air panas yang mengaliri air terjun ini.

Baca juga:
* Air Terjun Bangen Tawai di Nunukan, ‘Hati Senang’ Melihatnya

Video

Coba tonton dulu video di bawah ini.

Lokasi Air Terjun Semolon

Lokasi Air Terjun Semolon Malinau Kalimantan Utara - Aganto-Seno
Berjarak sekitar 40an kilometer dari ibukota kabupaten. (Foto: Aganto Seno)

Air terjun ini berada sekitar 40an kilometer arah Timur Ibukota Kabupaten Malinau. Mengikuti jalan yang berada di sisi Selatan sungai. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam untuk tiba di lokasi.

Kalau kalian bertanya arah, tanyakan saja arah ke Desa Paking atau Desa Harapan Maju. Karena lokasinya searah.

Air terjun ini masuk wilayah administratif Desa Harapan Maju, Kecamatan Mentarang, Malinau, Kalimantan Utara.

Jalur menuju Desa Paking dan Harapan Maju ada yang sudah berupa jalan aspal dan ada yang masih bebatuan. Yang pasti akses sudah dibuka oleh Pemerintah Daerah Malinau.

Sehingga pengendara kendaraan roda dua dan roda empat bisa melewati jalan menuju air terjun.

Peta

Bisa lihat lokasi tepatnya di peta Google ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan air terjun unik ini, kamu tidak harus merogeh kocek dalam-dalam. Karena kamu tidak dikenakan biaya masuk.

Harnya mengeluarkan biaya parkir saja yang murah sangat terjangkau.
Parkir motor Rp. 2.000
Parkir mobil Rp. 5.000

Pesona Air Terjun Semolon

Foto Gambar Air Terjun Semolon Malinau Kalimantan Utara - fajarhuzairi
(Foto: IG @fajarhuzairi)

Air terjun ini menjadi tujuan wisata yang menarik, khususnya bagi wisatawan domestik Malinau sendiri. Namun kalau kamu sedang perjalanan dinas atau keperluan lain, sempatkan lah untuk mengunjunginya.

Kamu akan melalui jalan aspal, jalan batu dan tanah. Lalu melewati perkampungan Suku Dayak. Akan terasa lelah memang menempuh jalan sejauh 40an kilometer dari Malinau.

Namun rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan dan keunikan air terjun ini.

Air terjun Semolon ini memang tidak tinggi dan lebar. Namun bentuknya sangatlah unik. Betingkat-tingat dan membentuk kolam alami di setiap tingkatannya.

Dikelilingi oleh pepohonan dengan dedaunan hijau yang masih rimbun dan lebat. Sehingga kita tetap akan merasa adem walau matahari sedang terik-teriknya.

Uniknya adalah, air terjun ini juga sekaligus merupakan pemandian air panas. Jadi kamu akan melihat dan merasakan 2 fenomena alam sekaligus di sini. Air terjun dan air panas (hangat).

Masyarakat Malinau meyakini air di sini bisa menyembuhkan penyakit, khususnya penyakit kulit. Sama seperti sumber air panas di daerah lain. Mungkin ada kandungan belerang yang bagus dan berkhasiat untuk berbagai penyakit kulit.

Bayangkan saja asyiknya berendam di kehangatan air panas di air terjun. Dan di sekitarnya pepohonan yang rimbun meneduhkan suasana dan hati.

Semua rasa penat, lelah, gundah gulana, galau, dan sebagainya, akan hilang saat kamu berendam di air yang hangat dan jernih.

Berbagai komunitas kerap menggunakan lokasi arter ini sebagai lokasi camping. Bisa memanfaatkan lokasi parkir kendaraan yang luas.

Air Terjun Semolon Malinau Kalimantan Utara - Rici Sugiarto.jpg
Ketua GenPI Nunukan tahan jauh-jauh datang kemari. Untuk berendam di air terjun yang indah ini. (Foto: dok. Rici Sugianto)

Belum lama ini, kawan-kawan GenPI Nunukan pun tahan menempuh perjalanan yang jauh ke Arter Semolon.

Ketua GenPi Nunukan Rici Sugianto mengatakan, tidak ada salahnya mengunjungi destinasi yang ada di kabupaten lain.

“Bagus bukan kita bisa saling berkunjung dan saling mempromosikan destinasi wisata kita yang ada di Provinsi Kalimantan Utara ini,” Kata Rici kepada redaksi Genpi.id.

“Air Terjun Semolon menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Malinau khususya. Dan juga menjadi kebanggaan kita semua warga Kalimantan Utara,” Rici menegaskan.

Baca juga:
* 5 Aktifitas Seru Saat Mengunjungi Danau Laet, Kalimantan Barat

Recommended Banget

Rici meyakinkan kita semua bahwa salah satu destinasi unggulan Kalimantan Utara ini sangat layak dikunjungi. Walaupun jauh, kamu akan senang dengan suasana, keindahan, dan keunikannya.

Jarang-jarang lho ada air terjun dengan air yang bersuhu panas atau hangat. Dan walaupun termasuk berukuran kecil, air terjun ini unik dengan bentukannya yang bertingkat-tingkat.

Jadi kalau kamu sedang berada di Malinau, sempatkan berkunjung ke Air Terjun Semolon ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here