Menengok Keindahan Air Terjun Semantung di Lampung Barat

Air Terjun Semantung - Air Terjun Bangkuang - Curup Bangkuang - Lampung Barat - Eka Fendiaspara
Bentangan dinding air terjunnya lumayan lebar dan tinggi. (Foto: Eka Fendiaspara)

Genpi.id – Kabupaten Lampung Barat memiliki alam yang luar biasa indahnya. Hal tersebut sangat disadari oleh kawan-kawan komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung Barat. Eksplorasi air terjun menjadi salah satu kegiatan rutin mereka. Air Terjun Semantung menjadi target mereka kali ini.

Air terjun Semantung memiliki ketinggian lebih dari 40 meter. Cipratan airnya sudah menjadi embun saat jatuh di dasar air terjun.

Baca juga:
* GenPI Lampung Barat Angkat Potensi Air Terjun Way Asahan di TNBBS

Air Terjun Semantung memiliki nama asli Air Terjun Bangkuang (Curup Bangkuang). Asal usul nama Bangkuang tersebut karena di sekitar air terjun banyak tumbuhan seperti pandan. Warga sekitar menyebut tumbuhan itu dengan nama Bangkuang.

Lokasi

Lokasi Air Terjun Semantung - Air Terjun Bangkuang - Curup Bangkuang - Eka Fendiaspara
(Foto: Eka Fendiaspara)

Lokasi air terjun Bangkuang berada di Dusun Semantung, Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa, Lampung Barat.

Nama dusun itulah yang juga melekat ke air terjun tersebut. Sehingga masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama “air terjun semantung”. Demikian cerita Ketua Pokdarwis Pekon Basungan, Pak Roni, kepada rombongan Genpi Lampung Barat dan murid fotografi dari GPS SMAN 1 Liwa, Minggu (12/01/2020).

Rute

Dusun ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Bukit Kemuning. Atau sekitar 64 kilometer dari pusat kota Liwa. Atau sekitar 3 jam dengan berkendara. Sudah termasuk 30 menit berjalan kaki untuk sampai di lokasi.

Kalau tidak ingin treking, pengelola dari Karang Taruna dan Pokdarwis Basungan menyediakan ojek dengan ongkos 10 ribu rupiah.

Jalan menuju air terjun sangat curam. Pengunjung tidak disarankan untuk membawa motor sendiri dari tempat parkiran terahir.

Menuju ke lokasi ini tidaklah sulit dan mudah ditemukan. Karena tempat ini sudah bisa dicari di aplikasi Google Maps. Kita tinggal memasukkan kata kunci air terjun semantung.

Jalan menuju tempat ini, sekitar 70 persennya sudah sangat baik. Dan sekitar 30 persen jalan coran rusak dan tanah merah. Jika hujan akan sulit melewati jalan merah ini.

Gambar Air Terjun Semantung - Air Terjun Bangkuang - Curup Bangkuang - Lampung Barat - Eka Fendiaspara 2
(Foto: Eka Fendiaspara)

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk: belum ada.
  • Parkir motor: Rp. 5.000

Dikelola Karang Taruna dan Pokdarwis

Ketua karang taruna Pekon Basungan Pak Wana menjelaskan, Curup Bangkuang Semantung ini baru mulai dikelola pihak karang taruna dan Pokdarwis dari bulan Juli 2019. Baru berjalan setengah tahun.

Pengunjung saat liburan Ahir tahun kemarin dari tanggal 25 Desember sampai 2 Januari mencapai 2000an orang. Mereka berasal dari berbagai penjuru Lampung Barat, Way Kanan, dan ada juga dari daerah lainnya.

Ketua Genpi Lampung Barat Eka Fendiaspara menilai, air terjun Semantung ini sangat potensial untuk dikembangkan lebih baik lagi. Dirinya yakin akan ada banyak traveler yang mau datang ke Dusun Semantung untuk melihat curup yang indah ini.

Baca juga:
* GenPI Tanggamus: Ayo Liburan Seru ke 10 Tempat Wisata Ini!

“Masukan dari saya, penunjuk arah menuju lokasi air terjun ini kalau bisa ya dilengkapi. Untuk membantu kemudahan pengunjung sampai di lokasi. Dan pengelola harus selalu memperhatikan soal kebersihan.” Eka menghimbau.

Eka yang juga pembina GPS SMAN 1 Liwa ini juga berharap wisata air terjun Semantung bisa semakin berkembang. Lalu pihak pekon juga bisa meminta bantuan Pemda Lampung Barat untuk memperbaiki jalan menuju air terjun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here