Air Terjun Banyumala, si Kembar Indah di Buleleng Bali

Sebelum tiba di lokasi Air Terjun Banyumala, kamu sudah terhibur oleh rimbunnya pepohonan. Menuruni jalan setapak, berasa berjalan di tengah hutan asri. Di waktu-waktu tertentu bahkan daerah ini sering kali diliputi oleh kabut.

Advertisement
Air Terjun Banyumala - Banyumala Twin Waterfalls Buleleng Bali - Ketut Ardi Wijaya
Air Terjun Banyumala (Banyumala Twin Waterfalls) di Kabupaten Buleleng, Bali. Indah memesona. (Foto: Ketut Ardi Wijaya/Google Map)

Kabupaten Buleleng memiliki beberapa air terjun indah dan popular di kalangan wisatawan mancanegara dan nusantara. Salah satunya adalah air terjun kembar Banyumala (Banyumala Twin Waterfalls).

Air Terjun Banyumala adalah air terjun yang indah dan memiliki 3 formasi jatuhan air. Yang terbesar berada di tengah. Yang lebih kecil berada di sebelah kiri dan kanannya. Sebuah kolam alami berada di bawahnya.

Keindahannya patut disandingkan dengan air terjun lain yang ada di Bali.

Baca juga:
* Sekumpul Waterfall, A Must-See Nature Atrraction in Buleleng Bali

Lokasi

Air terjun ini berada di arah Utara Kota Denpasar. Berjarak sekitar 65 kilometer bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam berkendara.

Rute dari Denpasar akan melewati Badung, Bedugul, dan Danau Buyan.

Dari ibukota Kabupaten Buleleng berjarak sekitar 27-29 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam berkendara.

Sedangkan dari Pantai Lovina berjarak 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Alamat:
Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada,
Kabupaten Buleleng, Bali.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk dan menikmati keindahan suasana air terjun, kamu harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiketnya murah terjangkau.

Tiket masuk: Rp. 10.000 perorang.

Untuk menikmati keindahan air terjun Banyumala pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000.

Pesona Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala - Banyumala Twin Waterfalls Buleleng Bali - @gypsyinsneakers
(Foto: IG @gypsyinsneakers)

Air terjun ini berada di dataran tinggi Bali bagian utara. Disekelilingnya banyak sekali kebun dan pemukiman warga.

Namun area air terjun termasuk masih asri dan alami. Masih banyak pepohonan rindang. Menghiasi lembah kecil tempat air terjun ini berada.

Mulai dibuka untuk wisatawan umum sekitar bulan Juli 2015. Warga Desa Desa Wanagiri yang mengelola wisata air terjun ini.

Sebelum tiba, kamu sudah terhibur oleh rimbunnya pepohonan di sini. Menuruni jalan setapak, kamu berasa berjalan di tengah hutan yang asri. Di waktu-waktu tertentu bahkan daerah ini sering kali diliputi oleh kabut.

Kamu akan berjalan sekitar 2 kilometer dari loket masuk. Waktu tempuh berjalan kaki sekitar 15-30 menit.

Bagi yang tidak bisa berjalan naik-turun perbukitan memang akan terasa melelahkan.

Namun begitu sampai di lokasi, kamu akan dibuat takjub oleh pemandangan alam dasar lembah. Serta akan melupakan sejenak lelahnya perjalanan.

Terdapat semacam pelataran di mana kamu bisa duduk-duduk santai menikmati suasana. Memandang air terjun dengan tebing yang dihiasi tumbuhan merambat.

Akan tampak olehmu air terjun kembar diapit oleh 2 air terjun kecil. Kesemua aliran air masuk ke dalam kolam yang terbentuk secara alami.

Aliran air terjun ini tidak deras seperti air terjun lain. Dan airnya tidak langsung jatuh ke dasar. Air mengalir melalui kemiringan undakan-undakan bebatuan tebing.

Sebuah keunikan tersendiri melihat air terjun semacam ini.

Kolam di bawahnya berukuran diameter sekitar 20 meter. Bagian terdalam kolam sekitar 2 meter. Aman untuk berendam dan berenang.

Namun bagi kamu yang tidak bisa renang bisa duduk-duduk berendam saja di tepian. Merasakan sejuknya air sambil menikmati keindahan alam yang tersajikan.

Terasa asyik bisa berendam di kolam alami dengan air yang bersih dan jernih. Ditambah dengan suasana yang begitu asri. Pepohonan di sekitar masih terjaga tegakan dan rimbunnya.

Sudah banyak review yang diberikan oleh Google Local Guide di Peta Google. Saat artikel ini dibuat sudah ada sekitar 2100 review.

Dan mayoritas memberikan nilai sangat baik untuk air Banyumala Twin Waterfalls ini.

Leonie Beatrix mengatakan, “Banyumala has beatiful view. Surrounded by nature green. The water is very fresh and clean. You need to walk from the parking area and pay for 20k for local.”

Steven McGlinn bilang, “The last 100 meters of road is steep so be careful. The road is about 1 meter wide and concrete. The waterfall is stunning ?? A must to go and see.. the depth is about 1 meter and fresh (cold).”

Recommended

Berkunjung kemari bisa kamu agendakan kalau ada rencana mengunjungi Kabupaten Buleleng.

Begitu mengasyikkan berada di lingkungan yang indah dan asri. Turun melewati jalan setapak memandang perbukitan di sekitarnya sudah menjadi hiburan tersendiri.

Baca juga:
* 7 Foto Cantik Wanagiri Hidden Hills

Sampai di dasar lembah, kamu bisa menikmati keindahan alam yang jarang kamu nikmati di kota.

Mau berkunjung ke Air Terjun Banyumala di Kabupaten Buleleng Bali? Enjoy Banyumala Twin Waterfalls 🙂

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here