5 Tempat Wisata Paling Hits dan Recommended di Kota Metro

Advertisement

Kota Metro tidak hanya terkenal sebagai kota pelajarnya Lampung. Banyak siswa dan mahasiswa dari berbagai daerah memilih mengenyam pendidikan di/ kota ini.

Asyiknya, kota yang hanya 1 jam berkendara dari ibukota provinsi ini semakin menarik untuk dikunjungi. Mulai tumbuh berbagai destinasi wisata yang bisa disambangi saat akhir pekan.

Baca juga:
* Danau Way Jepara Lampung Timur

Daftar Tempat Wisata di Metro

Berikut ini beberapa wisata Metro yang bisa masuk ke dalam daftar destinasi akhir pekan untuk hilangkan rasa penat.

Taman Merdeka dan Masjid Taqwa

Tempat Wisata di Kota Metro
Sumber Foto : https://id.pinterest.com/pin/606578643541172505/

Tempat Wisata di Kota Metro yang paling ikonik apalagi kalau bukan Taman Merdeka dan Masjid Taqwa! Banyak pengunjung yang foto-foto di sini. Sebagai bukti sudah pernah berkunjung di Kota Metro. Susananya rindang, bersih, dan instagramable menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Sebagai salah satu ruang terbuka hijau dan “alun-alun” kota Metro, tempat wisata yang satu ini bisa dibilang cukup asyik. Bisa untuk nongkrong menikmati suasana malam mingguan atau olah raga di hari Minggu pagi.

Biaya masuk Taman Merdeka Metro gratis. Masyarakat bebas untuk datang ke Taman Merdeka tanpa harus membayar harga tiket masuk atau HTM. Yang terpenting, jaga kebersihan ya gais.

Taman Merdeka Kota Metro Lampung makin menarik buat dikunjungi terutama bagi anak-anak kecil. Ada odong-odong yang bisa dinaiki beberapa anak.

Lalu ada sepeda motor mini dengan bahan bakar aki, mobil-mobilan aki, dan motor trail aki. Ketiganya disewakan dengan tarif Rp. 20 ribu untuk 5 kali putaran.

Selain beberapa permainan anak, kita juga bakalan menjumpai bangku-bangku taman disediakan di sini. Asyik buat ngobrol-ngobrol, dengan suasana rindangnya.

Sumber Sari

Tempat Wisata di Kota Metro
Sumber Foto : Instagram @wisatasumbersari

Bumi Perkemahan ini berlokasi di Kelurahan Sumbersari, Bantul, Kecamatan Metro Selatan. Letak bumi perkemahan ini sangat strategis yaitu letaknya di daerah persawahan yang bertingkat/teras sering. Serta berada di tepi sungai Sekampung.

Selain itu bumi perkemahan ini berdekatan dengan Jembatan Gantung Pelita yang menjadi hits karena salah satu tempat Instagramamble anak-anak kekinian di Lampung.

Tempat paling hits di Sumbersari adalah Alas Puri. Alas Puri menawarkan berbagai spot selfie dengan konsep yang klasik dan alami. Ornamen yang dibuat itu memanfaatkan kayu-kayu yang dibiarkan dengan warna cokelat menghadirkan kesan klasik.

Memasuki area Alas Puri anda akan disambut dengan spot selfie bertuliskan Alas Puri dari ranting pohon yang direkatkan. Di bagian tengah terdapat rumah kecil yang difungsikan sebagai panggung. Di panggung inilah penampilan musik keroncong akan menghibur pengunjungnya.

Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi)

Sumber : Instagram @payungi_

Payungi atau Pasar Yosomulyo Pelangi merupakan pasar yang dioperasikan oleh masyarakat Yosomulyo, Metro Pusat. Hanya beroperasi pada hari minggu saja, mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00.

Selain berbelanja, di pasar ini juga tersedia spot foto yang instagramable dan beberapa permainan yang bisa dicoba oleh anak-anak.

Di Payungi kita dapat menemukan penjual yang menjajakan jajanan. Mulai dari jajanan tradisional hingga jajanan yang cukup kekinian. Selain jajanan, payungi juga menjual menu sarapan dengan berbagai lauk pauk yang dapat kita coba.

Apabila berminat untuk makan di tempat, maka kita bisa memilih untuk makan di kursi-kursi yang terbuat dari bambu yang terletak dibawah pepohonan.

Setelah mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan di Payungi, selanjutnya kita dapat melakukan swafoto. Payungi menyediakan beberapa spot untuk berfoto.

Dinding-dinding dan jalanan yang digambar sedemikian rupa sehingga ketika kita berfoto didepan gambar tersebut seperti menampilkan efek tiga dimensi. Adapula permainan flying fox yang dapat dicoba oleh anak kecil dan juga panahan.

Tempat ini sangat direkomendasikan bagi keluarga yang ingin berjalan-jalan di pagi hari sembari menikmati sarapan.

Dam Raman

Sumber : Instagram @ayokedamraman

Bendungan yang luas ini berlokasi di kelurahan Purwoasri, Metro Utara, Kota Metro. Jaraknya sekitar sembilan kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit dari pusat Kota Metro. Sedangkan jika dari Bandar Lampung, jaraknya sekitar 58 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan.

Setelah dikelola menjadi lokasi wisata, fasilitas dan wahana yang ada di Dam Raman Kota Metro bisa membuat anda betah berlama-lama ketika berada disana. Apalagi panorama yang disajikan juga tidak bisa disepelekan.

Bendungan Dam Raman atau Dam Way Raman adalah bendungan yang sebelum menjadi tempat wisata merupakan sumber irigasi atau pengairan utama untuk ladang dan persawahan di Kota Metro dan Kabupaten di sekitarnya.

Dam Raman menawarkan berbagai fasilitas dan wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Diantaranya: spot selfie kekinian, perahu, kolam renang, area panahan, dan bersantai di hammock.

Tersedia juga beberapa pedagang yang berjejer di Dam Raman, siap memanjakan lidah pengunjung.

Taman Bunga Celosia

Sumber Foto : Instagram @kebunbungacelosia

Kebun Bunga Celosia adalah salah satu spot foto instagramable baru yang mulai diminati pemburu foto kekinian ini berlokasi di Rejomulyo, Metro Selatan, Kota Metro.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Bunga Celosia maka akan dikenakan biaya harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan Rp. 2.000 untuk roda dua, dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau untuk segala umur. Maka taman ini patut diperhitungkan sebagai destinasi wisata murah di akhir pekan atau musim libur.

Mengunjungi tempat wisata tentu saja hal yang jadi pertimbangan adalah fasilitasnya. Taman bunga Celosia ini mempunyai beberapa titik spot untuk foto, antara lain; spot foto di lokasi bunga celosia yang luas, spot foto di menara balon.

Lalu ada spot foto di bintang merah, spot foto dengan background tulisan “Taman Bunga Celosia Lampung”, dan lainnya.

Baca juga:
* Asyik! Ada Pojok Organik dan Gerobak Pustaka di Pasar Payungi

Bagaimana menurutmu destinasi wisata di Kota Metro ini? Ada rencana berkunjung ke kota dengan jumlah penduduk kurang dari 200ribu jiwa ini dalam waktu dekat?

Oleh : Kontributor Destinasi Pariwisata, Tomi Nur Rohman

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here