5 Hutan Menawan di Indonesia, Bisa Jadi Tempat Berlibur Lho?

Advertisement

Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian besarnya terdapat sekitar jutaan hektar hutan. Bahkan hal ini membuat hutan di Indonesia sering dijuluki sebagai paru-paru dunia. Predikat ini diberikan karena jumlah pepohonan yang ada di dalam kawasan hutan Indonesia bisa mendaur ulang udara dan menghasilkan lingkungan yang lebih sehat bagi manusia.

Hutan di Indonesia terhampar luas sebesar 99,6 juta hektar atau 52,3% luas wilayah Indonesia. Tak hanya itu, hutan Indonesia juga menyimpan berbagai kekayaan hayati, mulai dari flora dan fauna endemik hadir di hutan Indonesia menjadi kekayaan Indonesia dan dunia.

Ternyata, selain sebagai tempat kelangsungan hidup semua makhluk, khususnya sebagai sumber oksigen menjadikannya sebuah unsur terpenting dalam ekosistem, beberapa hutan di Indonesia terbuka untuk masyarakat yang ingin berlibur atau sekadar berkunjung, loh!

Baca juga:
* Pesona Hutan Mangrove Pangkal Babu di Tanjung Jabung Barat

Wisata Hutan di Indonesia

Bagi kamu yang sudah kehabisan ide untuk berlibur atau melepas penat, berkunjung ke hutan bisa menjadi salah satu pertimbangan yang menarik. Terlebih hutan di Indonesia terkenal dengan keindahannya. Simak, yuk, apa saja hutan yang wajib kamu kunjungi!

Hutan Lumut Gunung Singgalang, Sumatera Barat

Wisata Hutan Indonesia Foto Gambar Hutan Lumut Gunung Singgalang - blog.misteraladin.com
Suasana Hutan Lumut Gunung Singgalang yang menawan. (Sumber foto: blog.misteraladin.com)

Pemandangan yang disajikan di Hutan Lumut Gunung Singgalang adalah pesotan hutan yang eksotis dengan lumut yang menghiasi seluruh pohon. Jika berada di sana, kamu bisa merasa seolah-olah berada di film The Hobbit atau The Lord of The Rings. Karena latar dari dua film tersebut menggunakan hutan hijau yang eksotis.

Lokasi hutan ini berada di Gunung Singgalang, tepatnya merupakan jalur pendakian ke puncak Gunung Singgalang. Jika kamu sedang mendaki gunung tersebut, jangan lupa istirahat dan ambil foto di hutan ini, ya!

Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Wisata Hutan Indonesia  Foto Gambar ujungkulon.indonesia-tourism.com 1
(Sumber: ujungkulon.indonesia-tourism.com)

Kawasan yang menjadi rumah bagi Badak Jawa yang terancam punah ini terletak di ujung paling barat Pulau Jawa. Di Taman Nasional ini sebenarnya terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa kamu pilih. Mulai dari wisata perairan hingga masuk goa.

Wilayah ini sebagian besar masih merupakan hutan yang alamnya masih sangat terjaga. Vegetasi yang tumbuh dengan bebas. Bahkan di beberapa wilayah kamu dapat melihat satwa-satwa liar yang hidup dengan bebas.

Karena keindahannya, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkan Taman Nasional ini sebagai Natural World Heritage Site pada 1 Februari 1992.

Berlibur ke Taman Nasional Ujung Kulon membuat anda akan melupakan kepenatan aktivitas sehari-hari.

Wisata Alam Pinus Pengger, DI Yogyakarta

Wisata Hutan Indonesia Hutan Pinus Pengger - jelajah-hutan
(Foto: ist)

Yogyakarta tak hanya menyimpan keindahan Candi Borobudur dan Prambanan saja, loh! Ternyata ada hutan alam yang bisa menjadi alternatif destinasi kala kamu berlibur, yaitu Hutan Pinus Pengger.

Kawasan ini sangat tepat dijadikan tempat melepas penat. Dengan hanya berjalan kaki berkeliling jalan setapak yang melalui rindangnya pohon pinus.

Suasana sejuk asri dan alami disertai dengan harum aroma getah pinus adalah suasana yang akan menyapa pengunjung.

Bagi kamu yang hobi foto-foto, kamu akan betah di hutan ini karena disediakan spot foto dengan latar yang menawan.

Hutan Bambu Keputih, Surabaya

Foto Gambar Hutan Bambu Keputih Surabaya - andriewinata
(Foto: IG @andriewinata)

Surabaya terkenal sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta dengan penduduk yang padat dan suhu yang tinggi. Meski begitu, tetap ada wisata alam yang menyejukkan di tengah kota ini. Ialah Hutan Bambu Keputih yang terletak di Keputih, Surabaya.

Hutan ini merupakan hutan buatan yang ditanami pohon bambu dan dirapikan agar bisa dikunjungi dan dinikmati oleh warga Surabaya. Dedaunan bambu yang lebat dan beberapa berguguran ke jalan membuat suasana kota menjadi asri dan menenangkan hati siapa saja yang berjalan menyusurinya.

Uniknya, Hutan Bambu ini dahulu adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA), loh! Pemerintah kota memutuskan untuk menutup TPA tersebut pada tahun 2000. Agar tidak menjadi lahan kosong terbengkalai, pemerintah menanam bibit bambu hingga belasan tahun kemudian kawasan ini dipenuhi oleh pohon bambu.

Hutan Mangrove Magepanda

Foto Gambar Hutan Mangrove Magepanda - @fr_ktn
(Foto: IG @fr_ktn)

Kabupaten Sikka di Nusa Tenggara Timur punya pesona wisata yang cukup tersembunyi. Tak hanya keindahan taman bawah laut Teluk Maumere, Hutan Mangrove Magepanda menjadi salah satu keindahan yang dimiliki daerah ini.

Hutan seluas 70 Ha ini terletak di pantai utara kota Maumere, diapit bukit-bukit hijau yang menjulang indah. Hutan ini dilengkapi dengan jembatan yang terbuat dari bambu sepanjang 450 meter. Sehingga para pengunjung bisa menikmati hutan dengan menyusuri jembatan tersebut.

Obyek wisata mangrove ini juga dilengkapi dengan rumah adat lopo yang terletak di tengah hutan dan di tepi pantai. Menara pemantau juga dapat digunakan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan mangrove dan alam sekitar dari ketinggian sekitar 50 meter.

Ternyata berwisata ke hutan tidak kalah seru, ya, dibanding destinasi lain. Terlebih di situasi pandemi seperti ini, berkunjung ke wilayah alam terbuka dan luas menjadi pilihan tepat untuk menjaga diri dari penyebaran virus.

Baca juga:
* Pesona Danau Anggi di Pegunungan Arfak, Papua Barat

Sebenarnya masih banyak hutan yang indah dan menarik di Indonesia. Namun kali ini penulis hanya membahas beberapa saja. Lain waktu bakal membahas yang lain.

Jadi wisata hutan Indonesia yang mana yang masuk ke dalam daftar kamu?

Ditulis Oleh : Seniyya Zahra, Universitas Indonesia. Kelompok 10 (Event & News)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here