5 Destinasi Wisata Favorit dekat Tol Pekanbaru – Dumai

Sumber foto : liputan 6.com

Kabar baik untuk kamu Sobat Genpi. Sekarang Tol Pekanbaru – Dumai (Permai) sudah dibuka! Dilansir dari Mediacenter.riau.go.id, Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru – Dumai (Permai) resmi dibuka pada Jum’at (25/9/2020). Keberadaan Tol Permai semakin memberikan akses cepat terhadap dua kota itu dengan hanya menempuh jarak sepanjang 131 km dibandingkan normalnya sepanjang 200 km. Tentunya, hal tersebut berdampak positif terhadap sektor pariwisata di Provinsi Riau yang kerap dijuluki Bumi Melayu Lancang Kuning.

Tol Permai merupakan bagian dari proyek Tol Trans Sumatera yang melintang sepanjang 131 km menghubungkan kota Pekanbaru dan kota Dumai, Riau. Pembangunan Tol yang dimulai semenjak 2016 silam ini bertujuan untuk memudahkan akses transportasi darat dan tentunya sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian di Provinsi Riau. Hal tersebut senada dengan pendapat Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat dilansir dari Mediacenter.riau.go.id Sabtu (26/9/2020).

“Peresmian Jalan Tol Permai oleh Pak Presiden Jokowi merupakan berkah bagi masyarakat Riau. Adanya jalan bebas hambatan ini, Insya Allah bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dan juga mempersiapkan destinasi wisata sehingga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang akan datang,” terangnya.

Salah satu daya tarik Tol Permai adalah mudahnya akses menuju berbagai destinasi wisata favorit yang menarik untuk kamu kunjungi. Oleh karena itu, berikut di bawah ini adalah rekomendasi 5 destinasi wisata favorit yang bisa kamu akses ketika melewati Tol Pekanbaru – Dumai.

  1. Menikmati Pesona Bukit Pelangi yang Instagramable

Mengawali perjalanan dari Kota Pekanbaru, kamu bisa mengunjungi Rainbow Hills yang letaknya sekitar 10 km dari pusat Kota Pekanbaru. Tempat ini merupakan hamparan tanah yang memiliki corak warna yang menawan. Uniknya, setiap hujan turun, maka warna yang ada di bebatuan ini akan berubah secara alami, sehingga pengunjung menyebutnya Rainbow Hills atau Bukit Pelangi.

Berawal dari unggahan foto dan tulisan blogger terkenal Indonesia, Marischka Prudence, lantas membuat salah satu destinasi wisata favorit di dekat Kota Pekanbaru ini menjadi viral. Kamu bisa bebas mengabadikan foto, namun yang perlu diingat adalah jika keadaan sedang hujan, permukaan tanah menjadi licin dan berbahaya bagi wisatawan. Jadi, harap berhati – hati ya, Sobat Genpi.

  • Singgah ke Masjid Agung An Nur, Taj Mahal mini di Kota Pekanbaru
Sumber foto : @nofiarly

Sobat Genpi sempat bermimpi untuk bisa berkunjung ke Taj Mahal yang begitu terkenal di serial Bollywood India? Tak perlu khawatir dan rela terbang jauh – jauh kesana. Kota Pekanbaru juga punya lho, masjid yang sekilas memiliki arsitektur unik ala Taj Mahal, India lengkap dengan hamparan kolam yang terpampang di halaman depan masjid.

 Masjid ini bernama Masjid Agung An – Nur yang berdiri sejak tahun 1968 dan terletak di Jalan Hangtuah, Kelurahan Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Selain memiliki lanskap pemandangan yang mirip dengan bangunan Taj Mahal India, kamu juga bisa melihat detail kubah yang dibuat seperti gasing terbalik, hal ini menggambarkan bahwa gasing adalah permainan masyarakat melayu. Jadi, jangan lupa bagi Sobat Genpi untuk mengunjungi megahnya Masjid Agung An Nur.

  • Rindang dan Hijaunya Hutan Mangrove Dumai
Sumber foto : Riaumagz.com

Setelah menyambangi destinasi wisata di Kota Pekanbaru dan apabila kamu sudah tiba di Kota Dumai jangan lupa untuk menikmati hijaunya hutan mangrove yang berada di pesisir Kota Dumai, tepatnya di Jalan Nelayan Laut Ujung, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Provinsi Riau. Sobat Genpi bisa melihat aneka flora dan fauna serta rimbunnya hutan bakau yang memiliki luas sekitar 31 hektar dan terbentang mencakup muara sungai Dumai hingga pesisir laut.

Salah satu hal menarik yang bisa kamu temukan adalah varietas bakau istimewa yang terdapat di hutan bakau ini yang dinamakan bakau belukap (Rhizophora mucronata). Jenis bakau ini tergolong langka dan salah satunya ada di sini. Sayangnya, kini kepunahan mengancam varietas bakau istimewa yang ada di Hutan Mangrove Dumai akibat dahulu telah terjadi eksploitasi bakau secara ilegal untuk dijadikan bahan baku arang.

  • Berswafoto sekaligus Membaca Buku di Tugu Lancang Kuning
Sumber foto : wisato.id

Tak jauh dari pusat Kota Dumai, Sobat Genpi bisa mengunjungi sebuah tugu bernama Tugu Lancang Kuning yang merupakan salah satu ikon Kota Dumai dan memiliki filosofi erat bagi kehidupan masyarakat melayu. Tugu ini terletak di Taman Bukit Gelanggang, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau. Arsitekturnya terbilang unik dengan bentuk seperti sebuah perahu dengan ornamen layar yang melengkung dengan paduan warna hijau dan kuning keemasan.

Di bawah tugu tersebut terdapat sebuah bangunan yang difungsikan sebagai perpustakaan mini yang bisa dikunjungi oleh pengunjung. Pihak pengelola Tugu Lancang Kuning sengaja memfungsikan sebagai perpustakaan supaya wisatawan tidak hanya bebas mengambil foto dengan latar belakang tugu, namun sekaligus menambah wawasan dengan membaca di ruang perpustakaan yang ada di dalamnya. Menarik sekali ya, Sobat Genpi.

  • Melepas Penat di Pulau Rupat
Sumber foto : goriau.com

Setelah bertandang dari Kota Pekanbaru, hingga Kota Dumai, kini saatnya perjalananmu diakhiri dengan mengunjungi Pulau Rupat yang terletak di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Pulau Rupat memiliki luas sekitar 1.500 KM persegi yang membuat pulau ini memiliki luas lebih besar dibandingkan Pulau Bengkalis. Salah satu pesona Pulau Rupat yang selalu menjadi daya tarik wisatawan adalah hamparan pasir pantai yang putih sekaligus panorama laut yang nampak biru bersih.

Jika kamu sedang berada di sini, jangan lupa untuk untuk menjumpai pemandangan sungai kecil yang mengalir tenang, hingga aliran sungai besar yang membelah pulau. Kamu juga bisa menjelajahi pantai yang cukup terkenal di Pulau Rupat seperti Pantai Rhu di Desa Teluk Rhu, Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam, Pantai Medang, dan pantai lainnya. Menjelang senja jangan lewatkan untuk menikmati matahari terbenam ditambah dengan deru desir ombak yang memukau. Nikmat sekali ya, Sobat Genpi.

Bagaimana Sobat Genpi? Sudah menemukan destinasi wisata yang bakal kamu tulis dalam daftar perjalanan wisatamu? Semoga tulisan ini menginspirasimu untuk selalu mencintai khusunya pesona wisata yang ada di Indonesia. Berhubung sedang pandemi, simpan terlebih dahulu daftar perjalananmu, semoga wabah ini cepat selesai, dan kamu bisa mewujudkan impian wisatamu ya!

Ditulis oleh Lukman Hakim, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Program Internship Genpinas tahun 2020.

Sumber:

https://mediacenter.riau.go.id/read/57522/tol-pekanbaru-dumai-telah-diresmikan-begini-t.html

https://www.tripzilla.id/tempat-wisata-pekanbaru/12804https://www.itrip.id/tempat-wisata-dumai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here